Berikut Adalah Keuntungan Dari Rhubarb Yang Jarang Diketahui

Berikut Adalah Keuntungan Dari Rhubarb Yang Jarang Diketahui
Berikut Adalah Keuntungan Dari Rhubarb Yang Jarang Diketahui

Ges-r.Com – Rhubarb adalah sayuran yang jarang dikenal di Indonesia. Meskipun demikian, bentuknya mirip dengan sayuran yang sebagian besar dibudidayakan di Indonesia. Batangnya kemerahan seperti batang lembar singkong. Perbedaannya, batang rhubarb sedikit lebih tebal. Sedangkan daunnya mirip dengan selada.

Sebagai aturan, bagian tanaman yang dapat dikonsumsi adalah daunnya. Namun, daun rhubarb sebenarnya berpantang untuk dikonsumsi karena mengandung racun yang cukup tinggi dan asam oksal. Hanya batang tanaman yang pasti akan makan.

Manfaat kesehatan rhubarb jarang diketahui

Batang rhubarb adalah sumber terbaik vitamin K dan vitamin A. Sayuran ini juga dilengkapi dengan antioksidan dan berbagai mineral penting yang menawarkan manfaat kesehatan berikut:

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan rhubarb vitamin K mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang. Kepadatan tulang yang dipertahankan dapat mencegah keropos tulang atau osteoporosis.

  1. Kolesterol bawah

Studi menunjukkan bahwa sayuran ini dapat mengurangi kadar kolesterol buruk dan kolesterol darah total. Penurunan kadar kolesterol dapat meminimalkan risiko penyakit jantung. Efek ini diperoleh dari antioksidan di rhubarb.

  1. Luncurkan pencernaan

Kandungan serat dalam sayuran dapat memfasilitasi saluran pencernaan sehingga masalah sembelit dapat dihindari. Rhubarb juga mengandung senyawa Sennosida yang bertindak sebagai pencahar alami. Sementara konten tanin dapat memberikan efek anti-diare.

  1. Cegah kanker

Antioksidan rhubarb membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif jika kadar terlalu banyak. Akibatnya, sel -sel sehat rentan terhadap kerusakan yang memicu berbagai penyakit. Antioksidan dapat memerangi radikal bebas sehingga risiko penyakit dapat dihindari.

  1. Kurangi peradangan

Senyawa antioksidan dalam sayuran ini membantu melawan peradangan. Sifat -sifat ini dapat membantu seseorang yang menderita sindrom reaksi inflamasi sistemik, yaitu respons tubuh ketika peradangan terjadi. Studi lain mengungkapkan bahwa sifat anti-inflamasi rhubarb dapat membantu meningkatkan penyembuhan luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Note Found