Apa Saja Yang Termasuk Teknologi Energi Terbarukan

Apa Saja Yang Termasuk Teknologi Energi Terbarukan
Apa Saja Yang Termasuk Teknologi Energi Terbarukan

Ges-r.com – Setiap jenis energi terbarukan menyumbang jumlah yang berbeda untuk campuran listrik kita, di samping jenis energi tak terbarukan seperti bahan bakar fosil atau energi nuklir.

Temukan tentang berbagai jenis sumber energi terbarukan yang saat ini kami gunakan untuk listrik dan bagaimana mereka akan digunakan di masa depan untuk membantu mengatasi perubahan iklim lebih lanjut.

Apa Itu Energi Terbarukan?

Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber yang tidak akan habis. Mereka alami dan mengisi sendiri, dan biasanya memiliki jejak karbon rendah atau nol.

Contoh sumber energi terbarukan termasuk tenaga angin, tenaga surya, bioenergi (bahan organik yang dibakar sebagai bahan bakar) dan pembangkit listrik tenaga air, termasuk energi pasang surut.

Pembakaran bahan bakar fosil untuk menciptakan listrik telah lama menjadi kontributor utama dalam emisi gas rumah kaca ke atmosfer kita, sehingga sumber terbarukan ini dianggap penting dalam perlombaan untuk mengatasi perubahan iklim.

Sumber Energi Terbarukan Yang Paling Umum

Di Inggris, ada empat sumber utama energi terbarukan:

Angin

Tenaga angin adalah produsen listrik terbarukan terbesar di Inggris dan AS. Ladang angin darat dan lepas pantai menghasilkan listrik dengan memutar bilah turbin angin.

Turbin mengubah energi kinetik bilah pemintalan menjadi energi listrik dengan memutar poros penggerak dan kotak roda gigi, yang terhubung ke generator.

Listrik kemudian diubah menjadi tegangan yang lebih tinggi dan dimasukkan ke dalam jaringan nasional.

Surya

Sinar matahari adalah salah satu sumber energi yang paling bebas tersedia di planet ini, yang Anda anggap akan menjadikannya sumber energi terbarukan nomor satu.

Tapi tentu saja, jumlah sinar matahari yang kita dapatkan bisa sangat bervariasi tergantung pada lokasi, musim dan waktu.

Tenaga surya menghasilkan listrik dengan menangkap sinar matahari pada panel surya dalam reaksi kimia dan fisik bersama, yang dikenal sebagai ‘efek fotovoltaik’ (atau PV).

Hidroelektrik

Tenaga air dibuat dengan menggunakan gerakan air yang mengalir atau jatuh.Pembangkit listrik tenaga air ditemukan di bendungan dan menghasilkan listrik melalui turbin bawah air yang mengubah generator.

Tenaga air juga mencakup tenaga gelombang dan pasang surut, yang mengandalkan kekuatan laut untuk menghasilkan listrik di mulut perairan besar, menggunakan teknologi serupa.

Bioenergi

Listrik dapat dihasilkan ketika bahan organik dibakar sebagai sumber bahan bakar. Bahan bakar ini dikenal sebagai biomassa dan mencakup apa saja mulai dari tanaman hingga kayu hingga limbah makanan.

Karbon dioksida (CO2) dipancarkan ketika bioenergi dibuat, tetapi sumber bahan bakar ini dianggap terbarukan karena mereka dapat tumbuh kembali dan menyerap karbon sebanyak yang mereka pancarkan sepanjang masa hidup mereka.

Apa Itu sumber Energi Tak Terbarukan?

Bahan bakar fosil, seperti batu bara, gas alam, dan minyak, adalah contoh sumber energi tak terbarukan. Sumber-sumber ini dapat terjadi secara alami, tetapi jumlahnya terbatas.

Kerugian dari sumber energi tak terbarukan adalah itumereka sering. Membutuhkan waktu ratusan ribu tahun untuk terbentuk.

Dan harus diekstraksi dari bumi dan dibakar untuk menciptakan energi yang menghasilkan listrik. Mereka juga mengeluarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti CO2 saat dibakar.

Apa Manfaat Dari Energi Terbarukan?

Ada beberapa alasan mengapa memanfaatkan kekuatan sumber energi terbarukan sangat penting bagi masa depan kita.

Karena pasokan mereka jauh lebih banyak, dibandingkan dengan bahan bakar fosil, pemerintah di seluruh dunia mencari untuk mengembangkan energi terbarukan untuk secara eksklusif memberi daya pada negara mereka.

Mungkin yang paling penting, energi terbarukan menghasilkan sedikit atau tidak ada emisi berbahaya saat digunakan.

Sehingga energi bersih yang mereka berikan akan memainkan peran penting dalam mencegah pemanasan global lebih lanjut.

Itu sebabnya begitu banyak tujuan nol bersih kami di masa depan bergantung pada peningkatan penggunaannya saat ini.

Apakah energi terbarukan sama dengan energi bersih atau hijau? Istilah ‘energi hijau’, ‘energi bersih’ dan ‘energi terbarukan’ sering digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan utama di antara mereka.

Energi bersih menghasilkan listrik tanpa emisi. Namun, pembuatan atau pemeliharaannya terkadang memiliki ‘biaya karbon’.

Misalnya, lingkungan alam harus dibersihkan untuk membuat pembangkit listrik tenaga air dengan bendungan, dan pekerjaan untuk membangunnya sering kali menciptakan emisi karbon.

Energi hijau berasal dari sumber yang benar-benar alami, yang memiliki dampak lingkungan yang rendah atau tidak sama sekali dalam penciptaan atau penggunaannya.

Keduanya dapat diperbarui, yang pada dasarnya berarti bahwa mereka berasal dari sumber yang tidak dapat habis.

Jadi, sementara sebagian besar sumber energi hijau terbarukan, tidak semua sumber energi terbarukan dianggap hijau.

Energi Terbarukan Di Era Modern

Saat ini, penggunaan energi terbarukan dalam campuran listrik kami telah tumbuh secara besar-besaran. Pada akhir tahun 1991, energi terbarukan hanya menyumbang 2% dari pembangkit listrik di Inggris, sementara pada tahun 2013 telah meningkat menjadi 14,6%.

Pada tahun 2020 – tahun paling hijau di Inggris dalam catatan-energi terbarukan menyumbang 43,1% dari campuran listrik, lebih dari gas alam (34,5%) dan batu bara (1,8%).

Dikombinasikan dengan kontribusi 16% energi nuklir rendah karbon, tonggak sejarah dicapai dengan negara yang sebagian besar didukung oleh energi bersih selama setahun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Note Found