Cara Beli Game di Steam

Cara Beli Game di Steam

Seiring dengan semakin maraknya kegiatan bermain game, pilihan game yang tersedia saat ini sudah semakin beragam baik untuk perangkat PC maupun Android. Namun tidak semua game yang ada saat ini bisa dimainkan secara gratis. Sejumlah game mewajibkan Anda untuk membelinya lebih dulu agar dapat memainkannya sehingga banyak yang mencari tahu cara beli game di steam,

Steam merupakan salah satu platform yang menyediakan banyak pilihan game terbaru. Bahkan dari platform ini Anda dapat membeli game nomor 1 di Indonesia. Menariknya lagi, Steam juga sering menyelenggarakan diskon menarik di berbagai momen sehingga konsumen dapat membeli berbagai game favorit dengan harga yang lebih terjangkau. Bahkan diskon yang diberikan tidak jarang mencapai 75%. Tentu sangat menarik bukan?

Meskipun menyediakan koleksi game yang lengkap, proses pembelian game di Steam tergolong cukup rumit karena harus menggunakan kartu kredit. Pasalnya anak-anak muda di Indonesia masih belum banyak yang sudah mendapatkan akses kartu kredit. Lalu apakah ada solusinya? Tentu saja, berikut ini akan diulas secara lengkap mengenai cara beli game di Steam dengan mudah.

 

Membuat Akun di Steam

Membuat Akun di Steam

Untuk bisa bertransaksi di Steam tentu Anda harus memiliki akun lebih dulu di Steam. Bagi yang belum pernah memiliki akun Steam, cara membuat akunnya adalah dengan masuk ke situs Steam. Setelah itu di bagian kolom address bar masukkan alamat steam yaitu di “https://store.steampowered.com” kemudian enter.

 

Setelah masuk di laman utama, klik pilihan login di sudut kanan atas layar. Pilih menu Create dan klik Join Steam untuk masuk ke laman pengisian email. Beri tanda ceklis di kolom captcha. Pastikan Anda membaca ketentuan dan menyetujui syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Setelah itu klik tombol Continue.

 

Jika sudah, Steam akan mengirim email dan meminta Anda untuk memverifikasi  alamat email. Untuk verifikasi email, Anda harus masuk ke email Anda dan mengklik tautan yang diberikan melalui email. Jika sudah kembali ke tab sebelumnya. Masukkan username dan kata sandi. Setelah itu klik Complete Sign Up untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Install Steam

Install Steam

Download dan install Steam di perangkat komputer atau PC. Di laman utama Steam, klik menu Install Steam untuk masuk ke laman download. Cukup klik tombol Install Steam kemudian pilih lokasi penyimpanan. Setelah selesai didownload, buka file setup dan ikuti instruksi instalasinya sampai selesai

Memilih Game

Memilih Game

Jika sudah berhasil menginstal Steam dan terhubung dengan akun Steam yang sudah dibuat tadi, sekarang saatnya untuk mencari game yang akan dibeli. Anda dapat memlih berdasarkan genre atau sesuai platform menggunakan navigasi yang tersedia.

Jika Anda sudah memiliki preferensi yang lebih spesifik, Anda dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan tag seperti Single Player, Indie atau yang lainnya. Setelah menentukan pilihan game yang akan dibeli, klik pada menu Add to Cart. Jika masih ingin membeli game lainnya, klik menu Continue Shopping,

Top Up Steam Wallet

Top Up Steam Wallet

Jika sudah yakin dengan game yang akan dibeli, sekarang saatnya untuk check out. Namun Anda harus mengetahui lebih dulu jumlah harga yang akan dibeli. Untuk metode pembayarannya, Steam menawarkan pembayaran melalui eClub, Mastercard, dan Visa. Namun selain dari ketiga metode tersebut, Anda dapat menggunakan Steam Wallet.

Steam Wallet dapat menjadi alternatif yang tepat karena menyediakan banyak metode untuk top up. Bahkan Anda bisa melakukan top up melalui gerai minimarket dan situs marketplace misalnya Shopee. Jika ingin menggunakan Shopee, masuk kea kun Shopee Anda. Kemudian klik pada menu “Pulsa, Tagihan, dan Tiket”. Pilih menu Steam Wallet IDR. Pilih nominal saldo sesuai harga total game yang harus dibayar. Untuk lanjut ke pembayaran, klik pada menu Beli Sekarang.

Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan seperti bank transfer, ShopeePay atau gerai minimarket. Setelah pembayaran, Anda akan mendapatkan pin voucher. Di sisi lain buka lagi aplikasi Steam. Klik menu Games kemudian Redeem a Steam Wallet Code. Masukkan pin voucher yang sudah diberikan di kolom yang tersedia. Setelah itu klik Continue. Jika berhasil, Anda akan menerima pesan yang menginformasikan bahwa Steam Wallet Anda sudah berhasil terisi.

 

Checkout

Checkout

Sekarang saldo Steam Wallet Anda sudah terisi dengan jumlah yang cukup untuk membayar game. Masuk ke menu Cart yang ada di sudut kanan atas. Klik Purchase for Myself. Kemudian cek periksa metode pembayaran. Jika saldo cukup, maka metode pembayarannya akan secara otomatis menggunakan Steam Wallet.

Jika sudah yakin, beri tanda cek di kolom persetujuan. Setelah itu klik purchase dan selesai. Selamat Anda sudah berhasil membeli game dari Steam dan dapat segera menginstal tersebut di perangkat PC. Jika sudah terinstal, maka Anda sudah dapat menikmati keseruan dari game tersebut.

Bagaimana tidak sulit bukan cara beli game di Steam. Sekarang Anda dapat dengan mudah berbelana berbagai game favorit dari Steam tanpa harus menggunakan kartu kredit.

Baca Juga :