Bantuan Sembako
Bantuan Sembako

Cara Cek Penerima Bantuan Sembako 2021, Awas Ada Larangan Ini!

Salah satu bantuan sosial yang di kucurkan Tri Risma untuk warganya dalam menghadapi krisis pandemi covid-19 adalah bantuan sembako 2021. Dikabarkan bantuan sejumlah total Rp 42,5 triliun akan dibagikan kepada setidaknya 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar merata di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan pemberian bantuan sembako tahun 2020, para penerima bantuan sembako 2021 harus terdaftar dalam data DTKS Kemensos. Hal ini karena penyaluran bantuan dilakukan dengan cara transfer dari Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) ke masing-masing rekening dan bukan lagi berbentuk barang. Adapun besar bantuan sembako ini adalah senilai Rp200.000 yang akan diberikan penuh selama setahun.

Cara Cek Status Penerima Bantuan Sembako 2021

Jika Anda ingin melakukan pengecekan mandiri untuk mengetahui apakah Anda masuk dalam daftar penerima bantuan sembako, berikut cara-cara yang bisa Anda ikuti:

  • Akses laman website https://dtks.kemensos.go.id/ .
  • Pilih menu “Daftar Ruta” atau Rumah Tangga DTKS
  • Lakukan filter wilayah, caranya isilah pilihan provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan serta desa.
  • Tuliskan kode keamanan yang tertera pada layar Anda.
  • Klik menu “Cari Rumah Tangga”.
  • Website DTKS selanjutnya akan menampilkan hasil pencarian yang dimaksud.
  • Anda dapat melihat daftar peserta penerima di sebelah kanan. Dan jika Anda merupakan salah satu penerima bantuan ini maka pada kolom BSP akan tertulis keterangan “YA”.

Mudah bukan untuk melakukan pengecekan mandiri, jadi Anda tak perlu repot datang ke kelurahan atau kecamatan.

Larangan Bagi Para Penerima Bantuan Sembako

Ada aturan atau larangan yang cukup unik pada pemberian bantuan sembako tahun 2021 ini. Kemensos menyatakan bahwa bantuan sembako yang diberikan pemerintah tidak boleh digunakan oleh masyarakat untuk membeli rokok.

Kemensos sendiri sedang menyiapkan sistem yang bisa melaporkan belanjaan dari uang bantuan tersebut. Apabila keluarga penerima bantuan kedapatan membeli rokok dengan uang bantuan, maka pemerintah berhak melakukan peninjauan ulang pada penerima tersebut.

Itulah penjelasan mengenai Bantuan Sembako 2021, semoga bermanfaat bagi Anda.