kipsekolah 100
kipsekolah 100

Cara Daftar Bantuan Anak Sekolah Rp3,4 Juta untuk Pendidikan

Posted on

Tahun ini pemerintah masih memberikan program bantuan anak sekolah Rp 3,4 Juta untuk mendukung pendidikan yang lebih baik. Anak sekolah akan mendapatkan  dana bantuan langsung tunai yang berasal dari Program Keluarga Harapan.

Penyaluran bantuan ini akan berlangsung dalam kurun waktu satu tahun 4 kali masa pencairan. Yakni dimulai pada bulan Januari, April, Juli dan bulan Oktober.

Rincian Dana Bantuan Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Baca Juga : Begini syarat dan cara daftar bantuan UMKM 2021

Bagi para siswa yang mendapatkan bantuan ini besarannya berbeda setiap jenjangnya. Mulai dari SD, SMP hingga SMA. Berikut rincian lengkapnya:

  • SD/MI dan Sederajat akan memperoleh bantuan dengan besar Rp900.000 setiap tahunnya. Atau sebesar Rp75.000 per bulan.
  • SMP/MTs dan Sederajat akan memperoleh Rp1,5 Juta setiap tahun atau sebesar Rp125.000 tiap bulan.
  • Untuk SMA atau MA/Sederajat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp2 juta setahun. Atau setiap bulannya akan mendapatkan Rp 166.000.

Dengan adanya bantuan ini, maka diharapkan agar keluarga penerima manfaat bisa mempunyai akses pendidikan yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Cara mendapatkan bantuan kuota data gratis dari kemendikbut 2021

Cara Daftar BLT Anak Sekolah

Bila anda ingin mengecek status BLT ini, maka anda bisa mengakses SiPintar di link https://pip.kemdikbud.go.id. Selain itu, ada berbagai cara untuk mendaftar bantuan ini.

  1. Untuk keluarga yang tidak mempunyai KIP, maka memiliki hak untuk mendapat bantuan dengan mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS ke dinas sosial terdekat.
  2. Bila siswa tidak memiliki KKS, maka orang tua masih bisa meminta SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW sampai kelurahan masing-masing. Ini berguna sebagai syarat untuk mendaftar ke dinas sosial.

Bantuan ini nantinya bisa diambil dari Bank BUMN yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah. Seperti bank BRI, BNI, Mandiri, BTN dan BNI.

Baca Juga : cara mendaftar prakerja gelombang 16

BLT Pendidikan ini disalurkan atas kejasama dari Kemensos dengan Kementerian Pendidikan serta Kementerian Agama. Dengan adanya bantuan ini diharapkan agar bisa memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan yang ada di Indonesia.

Bantuan anak sekolah Rp3,4 juta ini bisa didapatkan oleh anak SD, SMP hingga SMA Sederajat. Sehingga mereka masih bisa tetap memenuhi kebutuhan sekolahnya. Meskipun dalam kondisi pandemi yang masih melanda dan belum usai hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *