fx
fx

Bantuan Mahasiswa Rp2,4 Juta, Segera Cek Persyaratannya!

Bantuan mahasiswa Rp2,4 juta kembali digulirkan oleh Pemerintah. Bantuan ini telah dibuka dengan kuota hingga sebanyak 200 ribu mahasiswa baru bagi mereka yang masuk pada periode 2021.

Lewat BLT mahasiswa ini, maka para peserta didik nantinya bisa mendapatkan bantuan Rp2,4 juta tiap semester. Bantuan ini akan disalurkan ke perguruan tinggi tempat mahasiswa menuntut ilmu.

Baca Juga : Bantuan anak sekolah untuk pendidikan.

Disamping itu, mahasiswa yang menerima bantuan ini juga bisa memperoleh bantuan biaya hidup selama mereka kuliah. Besarannya adalah Rp700 ribu per bulan. Bantuan ini akan disalurkan setiap semester.

Syarat Mendapatkan Bantuan Mahasiswa Rp2,4 Juta

Sebenarnya BLT mahasiswa ini masuk dalam program KIP Kuliah yang telah disalurkan pemerintah lewat Kemendikbud. KIP Kuliah 2021 merupakan bantuan pendidikan yang akan diberikan untuk lulusan SMA, MA, SMK sederajat yang keluarganya kurang mampu. Tujuannya supaya mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga : Cara Daftar Bantuan Pelajar Rp. 4,4 juta dari SD hingga SMA

Ada berbagai macam syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan bantuan ini.

  • Siswa SMA yang lulus atau akan lulus di tahun berjalan. Atau siswa yang dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya dan sudah mempunyai NISN, NPSN serta NIK yang valid.
  • Mempunyai kemampuan akademik baik namun mempunyai keterbatasan ekonomi. Hal ini perlu didukung dengan berbagai dokumen yang sah.
  • Siswa MA/SMA/SMK sederajat yang lulus pada tahun ini dan mempunyai potensi akademik yang baik serta mempunyai KIP.
  • Siswa SMK/MA/SMA Sederajat yang lulustahun berjalan serta memiliki kemampuan akademik baik serta mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.
  • Lulus Seleksi penerimaaan mahasiswa baru. Selain itu juga diterima di PTN atau PTS dalam prodi yang sudah akreditasi A atau akreditasi B. Selain itu, juga dengan berbagai pertimbangan pada prodi yang terakreditasi C.

Cara Daftar

Baca Juga : Cara daftar bantuan anak dari kemendikbud

  1. Anda bisa akses laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Selanjutnya silahkan input NISN, NIK, NPSN sertakan pula alamat email anda saat ini yang aktif.
  3. Bila semua data sudah valid, maka siswa bisa memperoleh nomor pendaftaran serta kode akses
  4. Selanjutnya proses daftar KUP Kuliah harus diselesaikan dengan memasukkan kode akses dan nomor pendaftaran tadi. Dilanjutkan dengan memilih proses seleksi yang akan diikuti.

Setelah mengetahui bagaimana syarat dan cara daftar bantuan mahasiswa Rp2,4 juta ini. Sekarang saatnya anda mencoba untuk mendaftar.