4 Cara Main PUBG Di Laptop

Game battle royale PUBG telah menjadi salah satu game yang paling populer belakangan ini. Game ini menawarkan permainan yang seru di perangkat mobile sehingga sebagian besar pecinta game sudah dapat mengaksesnya. Namun seiring waktu, banyak gamers yang ingin mencoba cara main pubg di laptop. Pasalnya memainkan game ini di laptop akan memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan hanya dari perangkat smartphone.

Ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika memainkan PUBG melalui laptop seperti spesifikasi grafis yang lebih mumpuni dan layar yang lebih besar. Sebenarnya cara memainkan PUBG di laptop sama mudahnya dengan download game PC offline ringan gratis. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

Mirroring PUBG

PUBG merupakan game yang dapat diunduh secara gratis untuk perangkat mobile. Pemain juga dapat menggunakan game versi mobile ini untuk dimainkan melalui laptop. Cara yang pertama untuk memainkan PUBG di laptop adalah melalui mirroring. Mirroring adalah duplikasi layar ponsel ke perangkat laptop. Saat ini sudah ada banyak aplikasi mirroring yang dapat digunakan misalnya ApowerMirror. Dengan aplikasi ini, smartphone dapat dikendalikan di laptop melalui keyboard dan mouse. Dengan control menggunakan keyboard dan mouse, Anda tentu akan lebih mudah.

PUBG Lite

Cara main PUBG di laptop selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memainkan PUBG di laptop adalah dengan menggunakan PUBG Lite. Game ini tidak hanya gratis tetapi juga tidak memerlukan banyak sumber daya dari laptop. Spek minimum laptop yang dapat menjalankan game ini adalah menggunakan Windows 7/8/10 64 bit, RAM 4 GB, Intel Core-i3 2,4 GHz, HDD 4 GB, dan GPU Intel HD Graphics.

Tencent Gaming Buddy

Tencent telah meluncurkan emulator resmi bernama Tencent Gaming Buddy untuk PUBG Mobile. Melalui aplikasi ini, Anda dapat bermain PUBG di laptop dengan mudah. Emulator yang satu ini juga telah dilengkapi dengan beragam fitur yang memudahkan para pemain, salah satunya adalah key mapping untuk control melalui keyboard dan mouse, multi window untuk bermain dua PUBG sekaligus di satu perangkat yang sama, dan video recording untuk merekam permainan. Karena game yang digunakan merupakan versi mobile, spek yang diperlukan tentu juga tidak berat.

Bluestack

Selain Tencent Gaming Buddy, ada lagi emulator lain yang dapat digunakan yaitu Bluestack. Emulator ini tidak hanya dapat dioptimalisasi untuk menjalankan aplikasi Android tetapi juga dapat memainkan game Android misalnya PUBG Mobile. Selain itu, emulator ini juga sudah dilengkapi fitur key mapping untuk membantu pemain agar lebih presisi memainkan PUBG Mobile melalui control keyboard dan mouse. Selain itu Bluestack juga telah dilengkapi dengan fitur live streaming sehingga memungkinkan pemain untuk membagikan atau menyiarkan gameplay Anda ke orang-orang.

Memu App Player

Selain Tencent Gaming Buddy dan Bluestack, sebenarnya masih ada beberapa lagi emulator Android yang dapat digunakan, salah satunya adalah Memu App Player. Jika dibandingkan dengan Bluestack yang sudah eksis sejak lama, aplikasi ini tergolong masih baru. Oleh sebab itu, optimalisasi emulator Memu juga lebih baik daripada Bluestack, khususnya untuk keperluan bermain PUBG.

Ketika menggunakan emulator Android di laptop, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal emulator tersebut di laptop. Setelah itu, melalui emulator tersebut Anda dapat mengunduh game PUBG seperti mengunduh PUBG dari Playstore. Selanjutnya buka game tersebut dan mainkan seperti biasa. Laptop dengan spek yang mumpuni lebih menjamin pengalaman permainan yang menyenangkan dan tidak lag.

Atau jika ingin mencoba cara lain, Anda dapat melakukan cloud streaming. Memang cara ini tidak gratis seperti cara yang telah disebutkan di atas karena harus membayar sejumlah uang. Tetapi car aini sangat direkomendasikan, khususnya bagi Anda yang ingin bermain game PUBG dengan kualitas grafis terbaik di perangkat laptop dengan spek biasa saja.

Cloud streaming menawarkan konsep yang menarik bagi para gamers. Pasalnya gamers dapat memainkan game yang diinginkan dan berbagai game ekslusif untuk PC dengan metode streaming. Syarat untuk melakukan streaming adalah perlu koneksi internet yang stabil. Koneksi tersebut tidak harus cepat karena sejumlah penyedia cloud streaming di tanah air sudah menggunakan server local.

Selain Cloud Streaming, metode yang serupa adalah dengan metode remote play.Yang membedakan adalah remote play memakai perangkat milik sendiri serta hanya tersedia untuk PS 4. Bagi gamers yang memiliki PS4 dengan PUBG yang sudah terinstall di dalamnya tetapi ingin memainkannya di laptop, Anda cukup menjalankan fitur remote play. Jadi Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk memainkan game yang sama pada platform yang berbeda. Tidak hanya itu saja, remote play juga gratis dan aman dibandingkan cloud streaming yang memerlukan biaya langganan per bulan.

Demikian tips cara main PUBG di laptop yang dapat dicoba. Dengan cara di atas, pengalaman bermain PUBG di laptop tentu akan lebih menyenangkan dibandingkan memainkannya melalui PC.