6 Bansos Cair di Bulan Mei 2021, Segera Cek Persyaratannya!!

Bantuan Sosial yang turun pada bulan Mei 2021 adalah sebagai berikut: Program Keluarga Harapan (PKH); Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT); BLT UMKM; BLT Dana Desa; dan diskon listrik dari PLN. Sementara untuk Bantuan Tunai Rp 300 ribu resmi dihentikan dan tidak lagi disalurkan pada Mei 2021.

Dengan adanya sejumlah bantuan ini diharapkan dapat mendorong daya beli dan konsumsi masyarakat menjelang Lebaran 2021. Masyarakat juga dapat mengecek sejumlah bantuan ini lewat situs yang disediakan.

 

Baca juga: Bantuan Mahasiswa Rp2,4 Juta, Segera Cek Persyaratannya!

 

Bantuan Yang Akan Turun Pada Bulan Mei 2021

Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

PKH disalurkan setiap tiga bulan sekali dalam empat tahap, yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober 2021. Penyaluran PKH melalui bank BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN. Keluarga yang masuk kategori miskin bisa mendapatkan bantuan tunai pada tiap periodenya.

Bagi warga miskin yang sudah dinyatakan terdaftar sebagai penerima PKH oleh verifikator, rumah tempat tinggal penerima akan ditempeli stiker yang menunjukan penghuni rumah berhak mendapatkan bantuan PKH.

 

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

BPNT adalah bantuan sosial pangan nontunai yang disalurkan sebulan sekali. Dapat juga BPNT disalurkan melalui mekanisme rekening elektronik yang hanya digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari di toko grosir/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan senilai Rp 200.000,00 per bulan. Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk kebutuhan pangan, misalnya beras, telur, tepung, atau buah-buahan dan sayuran.

Sama seperti PKH, Anda juga dapat mengecek apakah termasuk penerima BPNT melalui laman bansos kemensos.

 

Baca juga: Cek Daftar Bantuan Siswa hingga 1 Juta, Login ke pip.kemdikbud.go.id

 

BLT UMKM

Bagi pelaku UMKM, Anda dapat bernapas lega sebab Teten Masduki kembali menyalurkan BLT UMKM. Bantuan ini diberikan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan nominal sebesar Rp 1,2 juta. Namun, BLT UMKM diberikan hanya sekali saat pencairan saja. Untuk mendapatkan BLT UMKM, masyarakat harus mendaftar ke dinas koperasi sesuai domisilinya.

Jika sudah diverifikasi dan dinyatakan lolos sebagai penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta, maka masyarakat dapat mengeceknya pada laman e-form BRI bagi nasabah BRI. Sementara itu, bagi nasabah BNI juga dapat mengecek BLT UMKM Rp 1,2 juta melalui BNI.

Setelah mendapat informasi, penerima dapat mendatangi lembaga penyalur dengan menyiapkan e-KTP, Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha dari Kepala Desa atau Kelurahan, dan yang terakhir KK. Kemudian, penerima akan mengonfirmasi dan menandatangani pertanggungjawaban mutlak sebagai penerima BLT UMKM.

Setelah verifikasi dokumen dan data, bank penyalur akan mencairkan dana BLT UMKM Rp 1,2 juta secara langsung dan sekaligus.

 

BLT Dana Desa

BLT Dana Desa adalah salah satu bansos yang dilanjutkan pada 2021 menghadapi dampak pandemi dan memulihkan perekonomian. BLT Dana Desa diberikan kepada keluarga miskin di desa berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu yang bersumber dari Dana Desa.

Adapun yang termasuk dalam penerima BLT Dana Desa adalah keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di desa bersangkutan. Selain itu, ia tidak termasuk dalam penerima PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bansos Tunai, dan program bansos pemerintah lain. Untuk mengecek penerima BLT Dana Desa, dapat dilihat melalui laman kemendesa.

 

Subsidi Listrik

Subsidi listrik diperpanjang hingga Juni 2021. Berdasarkan surat edaran, bantuan periode April – Juni 2021 besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yaitu: 1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala; 2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon tarif listrik sebesar 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala; 3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Untuk pelanggan 450 VA pra-bayar, karena adanya perubahan besaran diskon pelanggan tidak perlu lagi mengakses token baik melalui web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile, diskon didapatkan pada saat melakukan transaksi pembelian token.

 

Baca juga: Cara Daftar Bantuan Pelajar Rp4,4 Juta untuk Siswa SD, SMP Hingga SMA

 

Bantuan Kuota Belajar

Bantuan lain yang bakal dicairkan Mei 2021 yakni kuota belajar kepada siswa dan tenaga pendidik. Penyaluran kuota belajar ini pada 11-15 Mei 2021. Dikutip dari laman kuota belajar, rincian bantuan kuota data internet 2021 dari Kemendikbud tercatat sebagai berikut:

1. 7 GB/bulan untuk peserta didik jenjang PAUD; 2. 10 GB/bulan untuk peserta didik jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah; 3. 12 GB/bulan untuk Pendidik jenjeng PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah; 4. 15 GB/bulan untuk dosen dan mahasiswa.

Paket kuota data internet di atas merupakan paket akses all network dengan pembatasan akses kepada situs yang diblokir, serta situs dan aplikasi media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.