5 Manfaat dan Hal Positif Bermain Game

Tentunya bermain game adalah hal yang menyenangkan bukan? Bermain game dapat menyebabkan pikiran menjadi lebih fresh ketika kita sedang merasa bosan dan stress.

Bermain game dapat dilakukan melalui ponsel ataupun PC, baik online maupun offline. Banyak sekali game-game yang disuguhkan dengan berbagai genre. Mulai dari game balap, game adventure, RPG, action, dan lain sebagainya.

Namun bermain game yang terlalu sering hingga lupa waktu dapat menjadi hal yang negatif, karena dapat mengakibatkan kecenderungan dan menjadi malas untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Selain itu, bermain game yang terlalu sering juga dapat menjadikan seseorang menurunnya tingkat sosialisasi dan apatis. Di samping hal-hal negatif, bermain game juga mempunyai manfaat positif, seperti dibawah ini.

 

Baca juga: 6 Mini PC Gaming Murah 2020 Di Bawah Rp 5 Juta

 

Manfaat Bermain Game

Menghilangkan Stress

Tujuan utama dalam bermain game adalah menghilangkan stress setelah menjalani berbagai aktivitas yang berat. Dengan bermain game kamu akan merasa lebih senang dan terlihat ceria. Otak kamu pun memperoleh rangsangan baru sehingga bisa kembali fresh.

Namun tetap jangan lupa, jangan sampai kebablasan. Bukannya menghilangkan stress, malah bisa menambah stress yang ada di otakmu.

 

Dapat Melatih Kerjasama Tim

Video game dengan genre multiplayer pastinya bisa dimainkan oleh banyak player. Untuk itu dibutuhkan pula kerjasama tim yang baik. Kerjasama dalam tim tidak hanya dilatih saat bekerja tetapi juga ketika bermain game.

Bermain game akan lebih menantang dan menimbulkan keceriaan jika dimainkan bersama teman dan keluarga. Dalam bermain game juga tidak perlu menggunakan emosi yang berlebihan, hanya secukupnya saja. Ingat! dunia game tidak perlu sampai dibawa ke dunia nyata. Jika terjadi perkelahian karena kurang pahamnya dalam kerjasama tim bermain game, segera lupakan, agar tidak menambah beban pikiran.

 

Baca juga: 5 Game Offline Android Terbaik Tanpa Kuota

 

Mengasah Otak

Hal positif ke tiga dalam bermain game, yaitu dapat mengasah otak kamu. Dalam permainan game, pastinya dibutuhkan strategi dan logika untuk menyelesaikan setiap level atau misi.

Skill yang kamu kembangkan dalam setiap permainan juga dapat membuat kita jadi terbiasa dalam menentukan keputusan saat menghadapi pilihan sulit di dunia nyata.

 

Mengembangkan Otak Kanan

setelah otak semakin terasah, kamu akan menjadi semakin kreatif. Game menampilkan visual dan mengharuskan kamu lihai dalam menyusun strategi untuk menyelesaikan misi akan melatih otak kanan, sehingga otak kanan kita menjadi semakin tajam.

Otak kanan sendiri bertugas sebagai mengatur kreativitas, inovasi, imajinasi, dan lain-lain. Kamu bisa menghasilkan ide-ide yang berbeda dari yang lain karena, pikiran jadi tidak hanya monoton pada teori teori.

 

Baca juga: 7 Aplikasi Game PS2: Main PS2 Kini Bisa di Android

 

Melatih Kesabaran

Kesabaran merupakan satu hal yang paling penting dalam bermain game. Musuh dan level dalam permainan akan menyebabkan kesabaran sangat diuji karena semakin sulit. Jangan sampai bermain game mambuat kita jadi kehilangan kesabaran. Lebih baik dihentikan jika merasa sudah lelah mengulang dengan level dan musuh yang lebih tinggi.

Karena jika masih dilanjutkan, kesabaran akan habis terjuras sia-sia dan game menjadi tidak seru lagi untuk dimainkan. Bahkan bisa menyebabkan frustasi atau stress.

 

Itulah beberapa manfaat yang dapat diketahui dalam bermain game. Banyak yang dapat diambil hikmahnya, dan membuang sisi negatifnya. Jika kalian sudah bosan dalam bermain game pada ponsel atau PC, bermainlah game dengan temanmu tanpa menggunakan ponsel dan PC. Good Luck and Have a Nice Day! 🙂