5 Aplikasi Desain dan Merancang Rumah Idaman

Membeli sebuah rumah yang di inginkan membutuhkan waktu yang cukup panjang, terlagi membutuhkan aplikasi desain dan merancang rumah. Kita diharuskan melewati banyak proses agar bisa mempunyai rumah yang diimpikan. Namun, tidak semua orang ingin membeli langsung rumahnya karena ada banyak yang lebih memilih untuk membeli tanah, merancang dan membangun rumahnya sendiri sesuai dengan ide dan keinginannya masing-masing.

Merancang dan membangun rumah sesuai dengan keinginan sendiri adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan dan bisa memberikan rasa puas tersendiri. Jika, kamu ingin merancang rumah impian sendiri maka terdapat banyak aplikasi yang tersedia pada platform PC dan smartphone yang bisa kamu coba dengan mudah. Berikut adalah daftar aplikasi desain dan merancang rumah idaman.

 

Baca juga: Ini Dia Fitur Menggunakan iPhone Yang Wajib Kamu Ketahui

 

Daftar Aplikasi Desain Rumah

SketchUp

Aplikasi Desain dan Merancang Rumah Idaman

SketchUp adalah sebuah aplikasi perancangan rumah dan bangunan yang banyak digunakan oleh para designer rumah professional. Aplikasi ini platform PC sehingga membutuhkan sebuah perangkat desktop atau laptop agar bisa menggunakannya. SketchUp juga merupakan salah satu software yang memiliki fitur lengkap dan menjadikannya sangat fleksibel untuk digunakan. Terdapat aplikasi SketchUp Viewer yang bisa kamu download untuk Android dan iOS yang berfungsi untuk menampilkan hasil buatan SketchUp, yang ditampilkan pada ponsel.

Sketchup juga memiliki banyak plug in yang harus di download terpisah. Pada plug in tersebut memiliki banyak fitur dan manfaat yang bisa memudahkan kita dalam mendesign rumah ataupun bangunan lainnya.

 

vRay

Aplikasi Desain dan Merancang Rumah Idaman

Aplikasi vRay hadir sebagai pelengkap dari aplikasi SketchUp. Aplikasi ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dari rancangan rumah idaman yang kamu buat. vRay mampu untuk mengubah tampilan gambar rumah agar menjadi lebih realistis dan enak untuk dilihat.

 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di iPhone Yang Wajib Kamu Download

 

SmartDraw

Aplikasi Desain dan Merancang Rumah Idaman

Aplikasi untuk mendesain rumah berikutnya adalah SmartDraw. Aplikasi perancangan rumah ini sangat mudah untuk digunakan dan mempunyai tampilan yang sangat modern. Kamu bisa menampilkan rumah kamu dalam bentuk 3D dan melihatnya dalam perspektif yang berbeda-beda. Kamu juga dapat menginstal aplikasi ini secara gratis.

 

AutoCAD

Aplikasi Desain dan Merancang Rumah Idaman

AutoCAD adalah sebuah softwae komputer CAD yang digunakan untuk menggambar 2D dan 3D yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga dari produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

AutoCAD biasa digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan masih banyak insinyur ataupun desainer yang lain.

Format data asli dari aplikasi ini adalah AutoCAD, DWG, dan masih banyak lagi yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. AutoCAD juga sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

AutoCAD saat ini hanya berjalan di sistem operasi Microsoft dan Macintosh. Versi untuk Unix sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

 

Lumion

Aplikasi Desain dan Merancang Rumah Idaman

Apabila kamu memiliki sebuah komputer dengan spesifikasi yang tinggi maka kamu bisa menggunakan aplikasi Lumion untuk merancang dan merender hasil rancangan rumah Anda. Aplikasi Lumion mempunyai tampilan yang sangat detail dan lengkap dengan user interface yang sangat mudah untuk dipelajari. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membuat sebuah video dengan layout 3D hasil dari render gambar Anda.

Lumion menyediakan banyak material bangunan yang dapat menjadikan desain kamu menjadi lebih realistis, mulai dari material untuk indoor hingga material untuk landscape. Selain material Lumion juga menyediakan banyak furniture yang sangat menarik, dimana furniture tersebut dapat membuat desain rumah kamu menjadi lebih hidup.

 

Baca juga: 3 Aplikasi Menggambar Terbaik di iPhone

 

Banyak Arsitek yang menggunakan aplikasi ini untuk merender hasil rumah atau bangunan. Salah satu contohnya adalah hasil karya dari seseorang dengan akun instagram satu.lusin yang mendesain banyak bangunan pada akun instagram omahkoesam.std. Berikut adalah salah satu contoh hasil desainnya.

desain rumah idaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *