Review dan Spesifikasi PlayStation 5!

Baru-baru ini terdengar usulan review dan spesifikasi PlayStation 5 yang sudah dirilis sejak akhir tahun 2020. Semakin tertantang untuk mencoba apa saja yang disuguhkan PlayStation 5 ini. Untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin membelinya namun dengan sangat hati-hati dan teliti. Kamu bisa simak bagaimana spesifikasi dari PlayStation 5 ini.

PlayStation 5

Sony meluncurkan konsol game generasi berikutnya, yaitu PlayStation 5 (PS5), melalui acara yang disiarkan secara langsung pada Jumat 6 Desember 2020 pagi hari Waktu Indonesia Barat (WIB).

 

Baca juga: 5 Game Yang Akan Rilis di Tahun 2021

 

review dan spesifikasi playstation 5

Ada dua tipe PlayStation 5 yang dibanggakan Sony, PS 5 versi regular dan versi digital. Pengalaman bermain game yang ditawarkan pada kedua versi PS5 ini sebenarnya sama. Versi digital tidak memiliki slot optik yang bisa digunakan untuk memasukkan cakram permainan Blu-ray fisik. Sebagai jalan lain, pengguna dapat mengunduh game versi digital dari PlayStation Store.

 

Terlepas dari perbedaan ini, spesifikasi lain dari kedua model PS5 mungkin sama persis. Dibandingkan pendahulunya PlayStation 4, PS5 kini memiliki banyak peningkatan spesifikasi. Salah satu yang menarik adalah komponen media penyimpanan, yang kini menggunakan SSD (Solid State Drive), bukan HDD (Hard Disk Drives). SSD sendiri, seperti diketahui, lebih cepat untuk write/read speed daripada HDD.

Faktanya, arsitek sistem utama PlayStation 5, Mark Cerny mengklaim bahwa SSD hanya membutuhkan 2,7 detik untuk memuat game PS5. SSD PS5 adalah tipe khusus dengan ruang penyimpanan 825 GB yang dapat diperluas dengan menambahkan SSD.

 

Baca juga: Inilah Game Horror Indonesia Yang Mendunia

 

Di sektor dapur pacu, PS5 mengusung delapan prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU 3.5GHz dan RAM 16GB (GDDR6 / 256bit). Fitur grafis PS5 sendiri mengandalkan GPU AMD dengan 36 compute unit (CUs) pada kecepatan 2,23 GHz dan kapasitas komputasi 10,28 teraflops. Perlu diingat bahwa PS5 juga menyertakan dukungan untuk resolusi gambar yang lebih tinggi hingga 8K dibandingkan dengan PS4 yang ditumpuk pada resolusi 4K. Spesifikasi telah diumumkan, tetapi Sony tidak ingin memberikan informasi tentang harga atau tanggal rilis PS5.

Perusahaan asal Jepang tersebut hanya mengonfirmasi bahwa konsol tersebut hadir pada liburan akhir tahun 2020, antara November-Desember.

 

Baca juga: Headset Gaming Terbaik 2021 Yang Gak Bikin Kamu Nyesel

 

Spesifikasi PlayStation 5  (PS5)

  • CPU : 8 Prosesor Zen 2 @ 3,5 GHz
  • GPU : 10,28 Teraflops, 36 CU @ 2,23 GHz (variable frequency)
  • RAM : 16 GB GDDR6/256-bit Bandwidthmemori 448 GB/s
  • Memori internal : Custom 825 GB SSD
  • Throughput I/O : Raw: 5,5 GB/s Compressed: 8-9 GB/s
  • Memori tambahan : NVMe SSD Slot
  • Memori eksternal : USB HDD Support
  • Perangkat optik : 4K UHD Blu-ray Drive (versi non-digital)