Cara hindari pencurian data
Cara hindari pencurian data

Cara Menghindari Pencurian Data di Dunia Maya Secara Mudah

Ges-r.com Simak Cara Menghindari Pencurian Data di Dunia Maya Secara Mudah– Perkembangan teknologi internet yang tidak terbendung nyatanya membawa dampak positif yang begitu besar terhadap kehidupan manusia. Sebut saja akses komunikasi jarak jauh yang lebih mudah, marketing digital yang semakin berkembang dan lain sebagainya.

Di sisi lain, teknologi internet juga membawa dampak buruk yang tidak bisa terelakkan. Salah satunya yakni potensi pencurian data di dunia maya. Tentunya hal ini akan sangat berbahaya jika data tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Lalu bagaimana cara menghindari pencurian data di dunia maya? Cari tahu caranya melalui ulasan di bawah ini.

5 Cara Menghindari Pencurian Data di Dunia Maya

Ada beberapa cara dan tips penting yang harus Anda lakukan untuk meminimalisir risiko pencuriand ata di dunia maya, yakni:

  1. Memastikan data terenkripsi

Saat ini, banyak software yang sudah menyertakan fitur enkripsi end-to-end. Fitur tersebut memungkinkan data dan informasi pribadi Anda terjaga dengan aman.

Selain aplikasi, situs website juga sudah mulai menggunakan teknologi keamanan enkripsi. Situs yang sudah menjamin keamanan enkripsi data biasanya menggunakan ‘https’ pada awal alamat situs dan tersertifikasi SSL. Anda juga bisa melihat logo gembok pada sisi kiri atas laman website tersebut.

  • Waspadai tautan phising

Modus pencurian data kini semakin beragam, dan salah satu yang cukup populer adalah melalui tautan phising. Tautan ini biasanya akan mengusung nama instansi atau organisasi tertentu, dan meminta user untuk klik tautan tersebut.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada laman palsu dan diminta mengisi form data pribadi. Nah, sebelum menuliskan data pribadi Anda, pastikan untuk mengecek kembali domain situs tersebut, seperti .go.id.

  • Waspada saat menggunakan jaringan WiFi

Anda sering menggunakan WiFi umum? Sebaiknya tingkatkan kewaspadaan Anda, sebab jaringan WiFi yang digunakan secara bersama juga bisa menjadi celah pencurian data digital.

Umumnya, jaringan WiFi yang berbahaya akan menggunakan access point palsu, dan meminta Anda mengisi username, password atau data pribadi lain. Jadi, cara menghindari pencurian data di dunia maya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan tidak login ke akun penting, serta tidak melakukan transaksi yang melibatkan data krusial.

  • Gunakan password acak

Pada dasarnya, password harus dibuat seunik dan serumit mungkin. Ya, meskipun susunan password harus mudah diingat, namun pastikan Anda menggunakan kombinasi huruf, angak dan simbol yang sulit ditebak.

Untuk beberapa media sosial, sebaiknya juga gunakan password yang berbeda.

  • Gunakan incognito mode

Anda bisa memanfaatkan incognito mode ketika berselancar di internet. Mode penyamaran ini akan mematikan perekaman data saat user mengakses internet melalui software browser.

Selain history kunjungan, browser juga tidak bisa merekam data pribadi Anda, seperti username, password, cookies, cache dan lain sebagainya.

Lima cara menghindari pencurian data di dunia maya tersebut bisa menjadi pengingat bagi Anda agar lebih waspada dan berhati-hati.

Jangan sampai menyepelekan keamanan data pribadi, karena ketika data pribadi Anda dikantongi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka dapat disalahgunakan untuk hal-hal yang sangat merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *