Ubah Text ke Suara
Ubah Text ke Suara

4 Tools Ubah Text ke Suara Gratis

Ges-r.com Ubah Text ke Suara -Untuk kamu yang ingin menambahkan suara pada video, sudah tidak perlu lagi untuk merekan suara secara manual. Karena sekarang sudah tersedia berbagai tools ubah text ke suara gratis.

Para pengguna hanya cukup mengetik tulisan yang akan diubah dan secara otomatis teks tersebut akan mengeluarkan suara sesuai dengan apa yang diketikkan. Kehadiran teknologi yang dapat mengubah teks ke dalam bentuk suara ini biasa disebut sound of text.

Sound of text sendiri sudah sangat popular dikalangan para konten creator, karena dapat memudahkan membuat suara cukup dari tulisan saja tanpa perlu merekan suara secara manual yang dianggap ribet.

Kamu bisa memilih suara sesuai dengan keinginan, seperti karakter suara pria, wanita hingga karakter suara kartun. Jika kamu ingn membuat suara dari tulisan yang kamu ketik, berikut ini terdapat tools ubah text ke suara gratis.

Daftar Tools Ubah Text ke Suara Gratis

Jika kamu memerlukan layanan untuk mengubah text menjadi suara, berikut beberapa rekomendasi situs website gratis terbaik untuk mengubah text ke suara.

1.      ttsMP3

ttsMP3 adalah alat pengubah teks ke suara yang bisa kamu gunakan sesuai keinginan. Misalnya, kamu dapat memilih dari banyak bahasa yang berbeda dengan berbagai aksen seperti Amerika dan British.

Untuk cara menggunakannya cukup simple dan mudah untuk di pakai. Pertama, kamu perlu memasukan teks yang ingin diubah menjadi suara, setelah itu pilih suara yang ingin digunakan. Kamu bisa memilihnya dari dropdown, lalu klik Read untuk mendengarkannya. Kamu juga bisa mengunduhnya menjadi file MP3 dengan klik Download as MP3.

Fitur yang menarik di sini adalah kemampuan untuk menggunakan sintaks dalam mengubah suara. Pengguna bebas mengatur tinggi rendah nada atau menekankan kata-kata, membuat percakapan, dan masih banyak lagi.

Semua fitur yang tersedia dapat berjalan karena layanan ini didukung oleh Amazon Polly. Untuk setiap kali penngunaan, kamu bisa mengkonversi hingga 375 kata atau 3000 karakter sehari secara gratis.

2.      Text 2 Speech

Meski layanan yang diberikan cukup sederhana, namun hasil konversi kata yang didapatkan dengan Text 2 Speech cukup maksimal. Cara menggunakannya juga mudah.

Pertama masukan text -bisa sampai 4000 karakter-, setelah itu pilih suara, kecepatan bicara dan beri nama file audio yang dihasilkan lalu klik star.

Setelah mengklik tombol star, maka kamu akan dibawa ke halaman baru di mana kamu dapat memutar audio. Jika rekaman suara tidak sesuai dengan yang diinginkan, kamu bisa klik Back to star dan membuat perubahan yang diperlukan.

Tetapi jika semuanya sudah sesuai, kamu bisa mengunduh file dalam format WAV atau MP3. Situs ini menunjukkan kepada kamu ukuran file masing-masing. Kedua file tersebut relative kecil, tapi jika kamu ingin mendapat ukuran file yang terkecil bisa memilih file MP3.

3.      Festvox

Tools ubah text ke suara gratis selanjutnya ini merupakan bagian dari proyek kelompok bicara Universitas Carnegie Mellon. Sayangnya, suara yang dihasilkan tools ini masih menyerupai robot yang bisa dikatakan cukup tertinggal.

Meskipun memiliki kelemahan tersebut, tools ini masih bisa melakukan pekerjaan secara cepat dan sederhana. Tidak ada batasan karakter yang digunakan, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan konversi besar.

Selain itu, meskipun ada dropdown untuk memilih format audio, apa pun yang kamu pilih akan ditampilkan sebagai file WAV. Tentunya ini bukan suatu masalah, karena WAV merupakan format file yang umum dan ringan.

4.      Kukarella

Sebelum menggunakan tools yang satu ini, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena Kukarella bisa digunakan secara gratis untuk mengubah 2000 karakter.

Pada halaman utama situs, langsung saja klik Convert Text to Voice. Nah, karena Kukarella diberdayakan oleh Microsoft, Google, Amazon, dan IBM, maka kamu dapat memilih dari varian suara yang cukup beragam dengan pilihan Bahasa lengkap.

Sayangnya, untuk fitur yang lebih lengkap hanya tersedia pada layanan berbayar saja.

Nah itu dia beberapa tools ubah text ke suara gratis yang dapat kamu coba. Masing-masing aplikasi di atas hadir dengan user interface yang cukup sederhana, sehingga kamu tidak perlu bingung untuk menggunakannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.