Mengenal Apa Itu Metaverse
Mengenal Apa Itu Metaverse

Mengenal Apa Itu Metaverse dan Kenali Peluangnya

Ges-r.com Mengenal Apa Itu Metaverse -Mungkin diantara kamu ada yang masih asing dengan istilah Metaverse, bahkan tidak sedikit yang baru mendengarnya. Istilah “metaverse” sebenarnya sudah ada cukup lama, namun baru populer akhir-akhir ini.

Lantas sebaiknya kita mengenal apa itu metaverse? Metaverse adalah dunia virtual yang dibuat untuk menjadikan internet layaknya real life, atau setidaknya hadir dalam bentuk render tiga dimensi. Pembuatan tekologi Metaverse ini akan melibatkan sejumlah pengembang dari gabungan virtual reality dan teknologi lain.

Teknologi Metaverse yang nantinya bisa disebut dengan dunia tanpa batas, di mana orang-orang bisa melakukan interaksi yang dilakukan secara virtual. Selain itu, teknologi Metaverse juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk bertemu, bermain, hingga bekerja.

Kehadiran teknologi ini juga menunjang system work from home, yang selama pandemi ini terus digencarkan dan sudah banyak dijalankan. Para pekerja bisa bertemu dengan rekan kerjanya secara virtual dengan teknologi Metaverse.

Sebelum ada teknologi Metaverse, pihak Facebook sudah lebih dulu meluncurkan platform untuk melakukan meeting virtual bernama Horizon Workrooms. Platform tersebut menggunakan headset virtual reality (VR) Oculus untuk dapat terhubung dalam meeting. Namun kehadiran platform ini dianggap kurang bagus karena harga headset yang terlalu mahal.

Perusahaan-perusahaan teknologi raksasa dunia pun seakan sudah mengisyaratkan bahwa teknologi Metaverse ini tidak dapat dihindari.

Meski di sisi lain keraguan terkait pembentukan warga baru, budaya, sosial dan lingkungan digital masih tidak terelakkan.

Gagasan ini disebut “determinisme teknologi” atau bahasa sederhananya adalah bahwa kemajuan teknologi membentuk hubungan kekuasaan, hubungan sosial, dan budaya.  Metaverse ini sangat menarik karena mampu menghadirkan peluang untuk pasar baru, paten baru, jenis jaringan social baru, dan elektronik konsumen baru.

Lalu, bagaimana konsep Metaverse memberikan peluang bagi ekonomi digital? Metaverse dapat menjadi peluang bagi para pelaku digital economy dengan hadirnya asset digital, seperti NFT.

NFT sendiri merupakan asset digital yang mewakili objek di dunia nyata. NFT bisa di perjual belikan secara online, sering kali dengan cryptocurrency dan umumnya dikodekan dengan software yang sama dengan kripto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.