15 Desember hari wibu
15 Desember hari wibu

15 Desember Hari Wibu. Apa si Maksudnya? Cek Disini !

Ges-r.com Eksistensi wibu alias otakku di dunia semakin meningkat, dan hal ini dibuktikan dengan ditetapkannya tanggal 15 Desember hari wibu atau World Otaku Day.

Meski belum banyak yang mengetahui penetapan hari Wibu Internasional itu dan masih banyak yang bertanya-tanya ada apa dengan tanggal 15 Desember, namun fakta dan sejarah di belakangnya cukup panjang. Ya, awal mula penetapan 15 Desember sebagai hari wibu yakni dari komunitas tentang Otaku atau Wibu.

Komunitas tersebut kemudian memilih tanggal 15 Desember sebagai hari besar para pecinta anime Jepang tersebut.

Dalam hari wibu ini, para otaku atau yang lebih dikenal dengan istilah wibu di Indonesia, mereka akan melakukan banyak hal yang dianggap menyenangkan. Mulai dari berkumpul dengan sesama wibu, membahas anime favorit, mengenakan kostum karakter anime favorit dan masih banyak lainnya.

Siapa Itu Otaku?

Otaku atau wibu adalah sebutan bagi orang-orang yang sangat menyukai budaya Jepang. Bukan hanya sekedar suka, namun sudah dijadikan sebagai hobi sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan Jepang akan selalu membuat mereka tertarik.

Segala macam informasi tentang anime dan kebudayaan Jepang akan mereka ikuti, termasuk berburu merchandise, mengenakan kostum berbagai karakter anime atau yang biasa disebut dengan cosplay.

Ya, seorang wibu bukanlah mereka yang hanya menyukai anime atau manga Jepang, namun kebudayaan negara Matahari Terbit tersebut.

Di kalangan masyarakat Indonesia sendiri, wibu sering diartikan sebagai orang yang selalu update tentang anime, memasang foto karakter anime hingga membagikan segala informasi atau meme tentang anime favoritnya.

Dulunya, para wibu sering kali merasa “malu” dengan julukan tersebut. Sebab, kebanyakan dari mereka adalah introvert yang lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan maraton anime.

Akan tetapi, saat ini para wibu sudah lebih terbuka dan merasa bangga dengan julukan tersebut. Sehingga komunitas wibu atau otaku pun semakin besar dan tersebar ke berbagai daerah.

Jadi, apakah kamu termasuk salah seorang wibu? Jika iya, perayaan apa yang bakal kamu lakukan di hari wibu internasional ini?

Yuk ciptakan keseruan di hari besar wibu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.