Beragam Jenis Obligasi Yang Ada Di Indonesia
Beragam Jenis Obligasi Yang Ada Di Indonesia

Beragam Jenis Obligasi Yang Ada Di Indonesia

Ges-r.Com – Investasi obligasi telah merajalela akhir-akhir ini, karena pemerintah berusaha untuk mendanai pembangunan infrastruktur dengan menerbitkan obligasi ritel. Namun, obligasi ritel yang dirilis oleh pemerintah Indonesia sebenarnya hanya satu dari banyak jenis obligasi lainnya.

Bahkan, obligasi tidak hanya bisa dikeluarkan oleh pemerintah, tetapi juga perusahaan publik (perusahaan swasta). Berikut ini ulasan lengkap berbagai jenis obligasi di Indonesia berdasarkan emiten dan berdasarkan perhitungan suku bunga yang perlu Anda ketahui untuk mengembangkan strategi investasi yang tepat.

Obligasi Pemerintah

Jenis obligasi di Indonesia, yang dirilis oleh pemerintah di bawah lingkup pekerjaan Kementerian Keuangan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

Rekap obligasi yang dirancang khusus untuk program rekapitalisasi bank di era krisis 97/98. Rekap obligasi produk ini sangat kontroversial karena dianggap menguras anggaran negara, sedangkan manfaat perbankan yang terlibat.

Peredarannya terbatas di kalangan tertentu. Surat utara negara (SUN) atau surat berharga pemerintah (SBN) dirilis untuk membiayai defisit anggaran negara dalam jangka pendek dengan kupon bervariasi.

Ada juga Retail a mandatory retail Indonesia (ORI) dan SBN Retail yang bisa dibeli dengan nominal sangat kecil, mulai dari Rp1 juta.

Efek Syariah (SBSN), atau Sukuk memiliki fungsi yang sama dengan matahari, tetapi bebas dari riba dan dilepaskan sesuai dengan prinsip-prinsip keuangan syariah.

Transaksi sukuk ritel yang dapat dibeli oleh investor kecil dilakukan oleh pemerintah pada gilirannya dengan SBN ritel.

Di masa lalu, obligasi pemerintah hanya dapat diakses oleh investor berkantong tebal, karena pembelian minimum yang cukup besar. Namun, ada juga SBN ritel dan sukuk ritel yang tidak membutuhkan modal besar dan dapat dibeli secara online.

Menjelang periode penawaran obligasi, pemerintah akan mempercayakan sejumlah sekuritas dan perusahaan perbankan untuk menarik investor.

Anda yang ingin berpartisipasi dalam berinvestasi dapat menghubungi perusahaan sekuritas, bank, atau agen penjualan obligasi lainnya untuk menyatakan minat Anda, mengisi formulir yang disediakan, dan kemudian mengikuti prosedur selanjutnya. Cara investasi obligasi ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki dana surplus yang memadai.

Baca Juga:

Obligasi Korporasi

Penerbitan obligasi tidak hanya dapat membantu anggaran pemerintah, tetapi juga salah satu solusi pendanaan untuk berbagai perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara.

Obligasi korporasi juga dapat diterbitkan dengan prosedur konvensional dan sesuai dengan ketentuan syariah. Namun, spesifikasi pembelian dan kupon besar yang akan diberikan kepada investor akan berbeda dengan obligasi ritel.

Jenis obligasi di Indonesia yang diterbitkan oleh korporasi biasanya hanya dapat diakses oleh investor kapitalisasi besar, karena pembelian minimum umumnya berkisar dari puluhan juta hingga miliaran dolar.

Investor yang terlibat dalam dunia obligasi korporasi juga perlu mengumpulkan informasi intelijen bisnis adalah akses premium tidak gratis. Namun, jika Anda tertarik untuk berkontribusi, maka dapat mendaftar ke divisi sekuritas perusahaan pendapatan tetap untuk mengenal seluk beluk lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.