Bingung Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Di Universitas Negerti Ternama? Yuk Cek Disini
Bingung Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Di Universitas Negerti Ternama? Yuk Cek Disini

Bingung Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Di Universitas Negerti Ternama? Yuk Cek Disini

Ges-r.Com – Tampaknya sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya kuliah kedokteran identik lebih mahal daripada jurusan atau fakultas lain, ya, teman? Tidak mengherankan, dari tahun ke tahun banyak orang mempertimbangkan biaya fakultas ini karena mereka harus mempersiapkannya dengan cermat.

Biaya kuliah kedokteran di berbagai daerah agak lebih tinggi, tetapi itu tidak berarti bahwa fakultas ini hanya untuk orang-orang dengan uang, teman. Siapa pun dapat memasuki departemen medis selama mereka memiliki tekad yang kuat dan lulus pada setiap tahap pendaftaran.

Apalagi lulusan dari Fakultas Kedokteran diyakini cukup terjamin karena jalur karirnya jelas. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang tua berusaha mendorong anaknya untuk masuk sekolah kedokteran. Apakah teman salah satunya? Jika ya, maka teman-teman juga perlu mengetahui perkiraan biaya kuliah medis untuk bayi untuk mempersiapkan dari awal.

Berapa perkiraan biaya kuliah kedokteran di universitas terkemuka di Indonesia?
Untuk masuk Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri ternama di Indonesia, setiap mahasiswa membutuhkan persiapan yang sangat matang, apalagi jika memilih Universitas Negeri dengan tingkat persaingan yang sangat ketat.

Hingga saat ini, biaya kuliah kedokteran di perguruan tinggi negeri telah menggunakan single tuition system (UKT). Dengan begitu, semua pembayaran, seperti uang Bangunan, uang dasar, uang kredit, dan pengeluaran lainnya telah diakumulasikan. Berikut ini adalah daftar biaya kuliah kedokteran di beberapa perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia:

Biaya pendidikan kedokteran di Universitas Indonesia (UI)

Luncurkan halaman resmi ui.ac.id, Fakultas Kedokteran UI menerapkan skema Bopb (Fair Education operational costs) yaitu penerapan UKT di UI. Skema bopb memungkinkan siswa untuk membayar biaya kuliah sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua, wali, atau perusahaan asuransi mereka.

BPOB dibayar dengan kisaran nominal mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk BPO-choice dibagi menjadi 3 kelas, dengan biaya Rp 10 juta hingga Rp 20 juta.

Berikut adalah kisaran biaya kuliah kedokteran di UI untuk BPOB:

Kelas 1: 0-Rp 500 ribu
Kelas 2: Rp 500 ribu-Rp 1 juta
Kelas 3: Rp 1 juta-Rp 2 juta
Kelas 4: Rp 2 juta-Rp 4 juta
Kelas 5: Rp 4 juta-Rp 6 juta
Kelas 6: Rp 6 juta-7,5 juta

Sementara itu, kisaran biaya untuk BPO-pilihan meliputi:

Kelas 1: Rp 10 juta
Kelas 2: Rp 12,5 juta
Kelas 3: Rp 15 juta
Kelas 4: Rp 17,5 juta
Kelas 5: Rp 20 juta

Selain itu, Fakultas Kedokteran UI juga tersedia melalui kelas internasional dengan kisaran biaya Rp 51,7 juta per semester dan biaya dasar sekitar Rp 111,1 juta.

Biaya pendidikan kedokteran di Universitas Padjadjaran (Unpad)
Untuk melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran Unpad, ada beberapa seleksi masuk yang bisa dilalui oleh calon mahasiswa, seperti snmptn, SBMPTN, dan Mandi. Jalur seleksi akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.

Estimasi biaya kuliah kedokteran di UNPAD untuk snmptn dan SBMPTN:

UKT Grup 1: Rp 500 ribu
UKT Grup 2: Rp 1 juta
UKT grup 3: Rp 3 Juta
UKT Grup 4: Rp 5,5 juta
UKT Grup 5: Rp 8 juta
UKT Grup 6: Rp 10,5 jut

Sedangkan untuk calon mahasiswa yang diterima Mandiri Unpad, UKT akan menelan biaya sekitar Rp 15 Juta per semester, dengan dana pengembangan yang harus dibayarkan pada awal perkuliahan sebesar Rp 250 juta.

Biaya pendidikan kedokteran di Universitas Airlangga (Unair)

Ada 4 kelompok biaya kuliah yang perlu dipersiapkan sesuai dengan jalur masuk Fakultas Kedokteran Unair, yaitu SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri, dan jalur mandiri kemitraan. Selain itu, ada juga 4 Kelompok UKT yang diterapkan jika siswa diterima melalui SNMPTN dan SBMPTN.

UKT Grup 1: 0-Rp 2,4 juta
UKT Grup 2: Rp 10 juta
UKT grup 3: Rp 15 juta
UKT Grup 4: Rp 25 juta

Jika mahasiswa diterima melalui jalur mandiri, besaran spp sudah termasuk SPP semester (UKS) sekitar Rp 15 juta dan SPP awal (UKA) sekitar Rp 99 juta. Selain itu, ada juga kelompok kemitraan jalur mandiri dengan UKS ukuran sekitar Rp 15 juta dan UKA mencapai Rp 300 juta.

Biaya pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada (UGM)

Biaya pendidikan kedokteran di UGM dibagi menjadi 8 kelompok sesuai dengan pendapatan perusahaan asuransi. UKT mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 26 juta. Selama 12 semester yang ditempuh mahasiswa, total biaya kuliah kedokteran di UGM dikenakan sekitar Rp 312 juta. Tapi, sama seperti UI, UGM tidak lagi dikenakan biaya uang dasar dan uang Bangunan.

Berikut perkiraan biaya UKT untuk Fakultas Kedokteran UGM menurut kelompok:

UKT 1: Rp 500 ribu
UKT 2: Rp 1 juta
UKT 3: Rp 7,25 juta
UKT 4: IDR 10.875.000
UKT 5: Rp 15,4 juta
UKT 6: IDR 18.125.000
UKT 7: Rp 22,5 juta
UKT 8: Rp 26 juta

Biaya kuliah kedokteran di Universitas Brawijaya (UB)

Sama seperti UGM, biaya pendidikan ditentukan oleh kelompok, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 23,4 juta. Sedangkan untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri akan dikenakan biaya mulai dari Rp 120 juta hingga Rp 150 juta.

Berikut ini adalah estimasi biaya UKT untuk FK UB menurut kelompok:

UKT 1: Rp 500 ribu
UKT 2: Rp 1 juta
UKT 3: Rp 8,8 juta
UKT 4: Rp 19,2 juta
UKT 5: Rp 20,3 juta
UKT 6: Rp 23,4 juta

Biaya pendidikan kedokteran di Universitas Diponegoro (Undip)
Ada 2 skema biaya kuliah kedokteran yang ditetapkan oleh Undip. Yang pertama adalah bagi siswa yang masuk snmptn, SBMPTN, dan SBUB (Seleksi unggulan) terklasifikasi. Kedua, bagi calon mahasiswa yang diterima melalui seleksi mandiri.

Biaya kuliah kedokteran per semester di Undip untuk snmptn / SBMPTN / SBUB:

UKT Grup 1: Rp 500 ribu
UKT Grup 2: Rp 1 juta
UKT grup 3: Rp 5 juta
UKT Grup 4: Rp 10 juta
UKT Grup 5: Rp 14 juta
UKT Grup 6: Rp 18 juta
UKT Grup 7: Rp 20 juta
UKT Grup 8: Rp 22 juta

Sementara itu, biaya kursus kedokteran mandiri diharuskan membayar SPI (kontribusi pengembangan kelembagaan) dengan ketentuan SPI Grup 1 sekitar Rp 200 juta dan SPI Grup 2 sekitar Rp 150 juta.

Itulah beberapa kisaran biaya kuliah kedokteran di perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia. Anda juga perlu tahu bahwa biaya di atas akan terus berubah sesuai dengan ketentuan masing-masing universitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.