Berikut Tips Alat Olahraga Rumahan
Berikut Tips Alat Olahraga Rumahan

Berikut Tips Alat Olahraga Rumahan

Ge-r.Com – Setelah pandemi covid-19, sepertinya lebih aman berolahraga di dalam ruangan, ya, teman? Olahraga di rumah juga sangat cocok untuk teman-teman yang kesulitan melakukannya di gym karena berbagai faktor. Untuk itu, tidak ada salahnya memiliki peralatan olahraga di rumah sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Memiliki peralatan olahraga di rumah ternyata memberikan berbagai manfaat, termasuk lebih ekonomis, membuat teman lebih konsisten, dan lebih nyaman dan aman. Khusus untuk teman-teman yang memiliki berbagai aktivitas dengan waktu terbatas, peralatan olahraga di rumah sangat mudah bagi anda, lho.

Saat ini, ada banyak jenis peralatan olahraga di rumah yang bisa menjadi pilihan, mulai dari treadmill, lompat tali, barbel, dan sebagainya. Nah, untuk memudahkan teman-teman memilih alat yang sesuai dengan keinginan mereka, tim Adira akan menjelaskan lebih lengkap di artikel ini. Jadi, periksa penjelasannya sampai selesai, yup!

Yoga mat

Meski namanya matras yoga, namun Matras ini tidak hanya untuk yoga. Teman-teman juga dapat menggunakan tikar ini untuk beberapa jenis olahraga lainnya, terutama untuk pelatihan.

Tikar Yoga adalah peralatan olahraga rumahan yang paling penting, terutama selama pandemi COVID-19 seperti saat ini. Teman – teman dapat dengan mudah berolahraga di rumah hanya menggunakan tikar yoga karena mereka dapat melihat video latihan dari internet. Pastikan untuk memilih matras yoga berkualitas untuk menjaga aktivitas olahraga tetap aman.

Halter

Dumbel atau yang biasa dikenal dengan barbel adalah peralatan olahraga rumahan yang digunakan dalam kegiatan angkat beban. Dumbel berperan dalam membentuk dan melatih otot-otot di lengan dan bahu.

Ada banyak jenis dan bobot dumbel yang bisa anda pilih, mulai dari berat 1 kg hingga 10 kg. Pastikan Anda memilih dumbbell yang sesuai dengan kemampuan anda, anda bisa mulai dengan dumbbell yang beratnya ringan. Setelah terbiasa berolahraga angkat berat, maka pilihlah dumbbell yang lebih berat.

Kettlebell

Faktanya, kettlebell hampir mirip dengan dumbel, keduanya digunakan untuk angkat berat. Namun, kettlebell adalah alat latihan rumahan yang dibentuk dari bola besi yang memiliki pegangan di bagian atas, tentu saja, dengan beban beraneka ragam.

Kettlebell bisa menjadi olahraga alternatif selain dumbel atau barbel. Fungsinya hampir mirip, yaitu untuk menguatkan dan melatih otot, baik untuk memperbaiki postur tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya.

Band resistensi

Perangkat latihan di rumah yang cocok dikombinasikan dengan matras yoga dan dumbel adalah band resistensi. Mungkin beberapa orang masih cukup asing dengan istilah ini. Resistance Band adalah pita elastis yang terbuat dari karet atau lateks yang digunakan untuk memperkuat otot.

Tidak hanya itu, resistance band juga bisa digunakan untuk melatih kelenturan tubuh. Alat ini sebenarnya sangat mudah digunakan, sehingga tidak ada salahnya memiliki resistance band untuk menemani olahraga di rumah.

Skipping rope

Teman suka olahraga lompat tali? Nah, skipping rope termasuk peralatan olahraga di rumah yang bisa menjadi pilihan tepat. Skipping rope adalah alat olahraga yang hampir digunakan oleh kebanyakan orang. Sebab, lompat tali menggunakan alat olahraga ini cenderung lebih mudah, bahkan bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Ada banyak manfaat lompat tali, termasuk menambah tinggi badan untuk anak-anak, menjaga kesehatan jantung, menurunkan berat badan, dan melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Gym ball

Di balik bentuk bulat yang lucu, ternyata bola gym bukan hanya pajangan. Gym ball adalah alat latihan rumahan yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh.

Saat ini, ada banyak gerakan olahraga yang bisa dilakukan dengan menggunakan bola gym, terutama gerakan push-up dan plank. Teman dapat dengan mudah melihat contoh gerakan lain melalui video di internet. Alat latihan ini juga dapat memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, serta keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.