Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga
Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

7 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Sambil Jaga Anak

Ges-r.com Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga -Sebagian perempuan mungkin harus merelakan masa produktifnya demi mengurus anak. Walaupun begitu, sambil menjaga anak pun sebenarnya ibu rumah tangga tetap bisa menghasilkan. Selain untuk refresh diri dari rutinitas harian, kamu juga bisa membantu perekonomian keluarga.

Lalu, apa saja usaha sampingan ibu rumah tangga khususnya yang sedang punya anak kecil? Berikut kami bantu berikan referensi untuk ibu yang memiliki semangat tinggi untuk produktif sekaligus menghasilkan uang.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

1.      Menjadi Content Creator YouTube

Ibu kekinian dapat mencoba usaha sampingan ini. Modal yang dibutuhkan hanya berupa HP dan laptop, serta kemampuan editing video. Cara mengedit video bisa dengan mudah dipelajari di YouTube.

Tidak perlu repot-repot memikirkan tema konten. Manfaatkan pengalaman sehari-hari seperti memasak, tips mengurus anak, parenting, dan lainnya terkait dengan rumah tangga. Keuntungan yang didapat bisa berasal dari endorse dan juga monetize dari YouTube.

2.      Penulis Blog

Sambil menunggu channel YouTube berkembang, kamu dapat mencoba jenis usaha sampingan lain seperti menulis, terutama jika memiliki kemampuan ini. Jika tidak, kamu dapat memulainya dengan rutin berlatih menulis di blog.

Tulislah hal-hal yang diminati atau berkaitan dengan urusan rumah tangga. Bangun blog sampai menjadi laman web referensi banyak orang.

Web blog inilah yang menjadi incaran banyak perusahaan untuk memasang iklannya melalui tulisan yang kamu buat.

3.      Dropshipper Barang

Usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya yang memiliki anak kecil adalah dropship barang. Ini lebih disarankan daripada memegang bisnis online yang mengurus packing sendiri.

Dengan menjalankan bisnis dropship, kamu berkesempatan untung tanpa perlu repot mengurus pengiriman. Ibu rumah tangga hanya perlu menyediakan tempat promosi dan kuota internet.

4.      Membuat Kerajinan Tangan

Apakah kamu memiliki keahlian membuat kerajinan tangan yang berkualitas? Coba saja pasarkan. Proses pembuatannya juga bisa dilakukan kapan saja, sangat fleksibel untuk ibu rumah tangga yang memiliki bayi namun ingin tetap produktif menghasilkan keuntungan.

Kerajinan tangan yang bisa dicoba sangat beragam. Mulai dari aksesoris, souvenir pernikahan, hampers hari raya, dan masih banyak lagi sesuai dengan minat dan yang sedang trend.

5.      Membuka Kursus Belajar di Rumah

Berikutnya sangat direkomendasikan bagi ibu rumah tangga yang memiliki keahlian tertentu. Apa pun yang sedang dibutuhkan di masyarakat. Semisal, mengajar mata pelajaran eksak, bahasa asing, memasak, menjahit, dan keahlian lainnya yang dibutuhkan banyak orang.

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dilakukan dari rumah. Untuk bimbingan keahlian yang memerlukan banyak praktik seperti menjahit atau memasak, kamu bisa membuatkan video tutorial berkualitas untuk dijual.

6.      Jasa Catering/Pembuatan Kue

Bisnis catering atau membuat kue adalah salah satu yang identik dengan keahlian ibu rumah tangga. Jika masakan atau kue yang kamu buat selama ini memiliki rasa setara kuliner mahal, manfaatkan sebagai peluang bisnis. Bisa dikatakan keuntungannya lumayan besar, terutama untuk bisnis catering.

Mulai saja dulu dari lingkungan terdekat. Seperti pengajian, pernikahan, dan acara-acara di sekitar rumah.

Agar bisnis ini terus berkembang, pertahankan cita rasa serta penyajian makanan dengan rapi dan bersih.

7.      Membuka Laundry

Untuk hasil yang lebih menguntungkan tanpa perlu banyak keahlian khusus, kamu dapat mencoba usaha laundry. Apalagi jika rumah terletak dekat universitas, apartemen, atau dekat dengan pinggir jalan yang ramai.

Dari beberapa pilihan di atas, ada banyak jenis usaha sampingan ibu rumah tangga sambil menjaga anak. Kamu bisa mencari tahu kebutuhan masyarakat sekitar serta keahlian yang dimiliki yang berpotensi menghasilkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.