Teknik Jitu Cara Meningkatkan Appraisal Nilai KPR
Teknik Jitu Cara Meningkatkan Appraisal Nilai KPR

Teknik Jitu Cara Meningkatkan Appraisal Nilai KPR

Ges-r.Com – Nilai valuasi rumah ternyata sangat berpengaruh terhadap jumlah pinjaman pada program KPR yang diberikan oleh bank. Semakin baik nilai penilaian hipotek, semakin besar jumlah pinjaman dari Bank. Umumnya, bank hanya dapat memberikan pinjaman / plafon sebesar 60-70% dari nilai valuasi rumah. Sisanya dibayar oleh pembeli.

Tentu saja, adalah normal bagi setiap orang untuk menginginkan nilai penilaian rumah yang diinginkan menjadi tinggi ketika mengurus hipotek. Semakin tinggi nilai rating, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan plafon yang tinggi. Namun yang mengkhawatirkan, nilai penilaian bisa turun drastis karena beberapa faktor. Bagaimana cara menghindarinya?

Tips Untuk Meningkatkan Nilai Penilaian Rumah Anda

Jika rumah Anda dibangun atau berada di daerah rawan bencana, maka nilai penilaian anda bisa memburuk. Bank menginginkan jaminan untuk rumah yang rentan dari kerusakan sehingga bisa bertahan lama. Tak heran, jika alasannya membuat Bank menolak pengajuan KPR atau malah menurunkan nilai appraisal.

Selain itu, penyebab rendahnya nilai valuasi KPR karena berada pada area yang terbatas. Kemudian alasan lain yang dapat menyebabkan nilai valuasi menjadi terlalu rendah, yaitu rumah yang dekat dengan TPA, terlalu dekat dengan sungai dan terlalu sempit untuk dihuni.

Renovasi Rumah

Salah satu alasan rendahnya nilai penilaian adalah karena kondisi rumah yang sempit. Jadi untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan renovasi terlebih dahulu. Jika rumah layak dan nyaman untuk ditinggali dalam jangka waktu yang lama, maka bank tidak ragu untuk memberikan penilaian yang tinggi. Tidak perlu melakukan renovasi berlebihan. Cukup mengatur ulang furnitur di rumah, mengecat dinding dan menambahkan dekorasi yang menarik, maka rumah akan terlihat nyaman.

Mengubah Fungsi Penggunaan Di Rumah

Dalam proses menilai rumah atau bangunan. Metode perhitungannya akan sama tidak peduli bagaimana fungsi rumah. Meski begitu, ada kecenderungan bahwa beberapa bank akan memberikan nilai tambah pada sebuah bangunan yang dapat menghasilkan uang, misalnya sebagai tempat usaha atau toko.

Bank tentu mencari opsi rumah dengan jaminan aman untuk jangka waktu yang lama dan investasi masa depan. Bank sering menyetujui rumah yang juga berfungsi sebagai tempat usaha mereka sendiri, seperti toko. Karena ada anggapan bahwa pemilik rumah akan selalu memiliki dana tambahan dan tidak akan lalai membayar cicilan.

Memberikan Data Nilai Jual Properti Di Sekitar Rumah Sebagai Perbandingan

Jika Anda dapat memberikan data tentang nilai jual properti di sekitar rumah Anda, maka ada peluang bagi anda untuk meningkatkan nilai penilaian rumah. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengumpulkan data komparatif dari properti di sekitar rumah sebagai amunisi tambahan. Anda juga dapat meminta bantuan dari agen tepercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.