5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan
5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Ges-r.com – Mengonsumsi teh mungkin sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, terutama di Asia. Dan pada kesempatan ini Admin akan membahas tentang 5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan.

Apakah teh hijau lebih baik untuk Anda daripada teh hitam? Apakah mengandung kafein? Bisakah itu membantu menangkal penyakit? Ahli gizi terdaftar Jo Lewin meneliti manfaat diet teh hijau.

Seperti diikutif dari bbcgoodfood.com, semua jenis teh terbuat dari tanaman camellia sinensis. Teh Hijau mendapatkan namanya dari warna hijau zamrud yang dibuat saat menyeduh daun yang tidak diolah dan tidak difermentasi ini.

Baca Juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Youtube

Dengan asal-usul dating sejauh 5.000 tahun, teh hijau umumnya diminum dan tumbuh di Asia Timur di mana sifat kesehatan sangat dihargai.

Tidak ada nilai gizi dalam hal makronutrien dalam teh hijau, tetapi manfaat utama minuman ini terletak pada senyawa bioaktif yang dikandungnya.

Teh yang Anda gunakan, suhu dan waktu seduhan semuanya memiliki efek signifikan pada kadar senyawa terrsebut.

Suhu hangat dan sekitar adalah yang terbaik untuk mempertahankan senyawa antioksidan, jadi biarkan air matang sedikit dingin sebelum dituangkan di atas daun teh, dan curam selama antara 2-3 menit.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mendapatkan Uang Tambahan Di Internet

5 Manfaat Kesehatan Dari Teh Hijau

1. Tinggi polifenol pelindung

Senyawa yang disebut polifenol dikenal untuk melindungi tubuh terhadap penyakit dan memberikan kontribusi penting terhadap diet yang sehat dan seimbang.

Senyawa antioksidan ini ditemukan dalam berbagai macam buah, sayuran dan makanan yang belum diproses lainnya.

Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, banyak di antaranya dikaitkan dengan fakta bahwa sebagian besar tidak diproses dan kaya akan senyawa tanaman ini.

Senyawa bioaktif utama dalam teh hijau adalah flavonoid, dengan yang paling kuat adalah katekin dan epigallocatechin gallate (EGCG).

2. Dapat meningkatkan fungsi otak

Teh hijau mengandung sejumlah stimulan alami, termasuk kafein, yang meskipun tidak setinggi kopi, masih dapat membantu menjaga kewaspadaan dan fokus.

Selain itu, teh hijau adalah sumber asam amino L-theanine, yang memiliki efek relaksasi. Ini dilakukan dengan meningkatkan bahan kimia otak yang meningkatkan suasana hati termasuk GABA, dopamin dan serotonin.

Polifenol yang bermanfaat dari teh hijau juga dapat membantu memperlambat efek penuaan pada otak.

Baca Juga: Daptar Game Nomor Satu Di Dunia Terbaru 2022 Dan Terbaik

3. Dapat meningkatkan pembakaran lemak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak.

Ini dianggap berkat sifat termogenik alami yang disediakan oleh kafein, dan oleh senyawa tanaman seperti katekin.

4. Dapat mendukung kontrol gula darah

Studi menunjukkan teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan sebagai hasilnya memiliki efek menguntungkan pada kontrol gula darah.

5. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan teh hijau adalah minuman yang berguna untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi terkait, seperti stroke. Salah satu cara yang dapat membantu adalah dalam efek menguntungkan pada manajemen kolesterol.

Baca Juga: Tips Mudah Memberi Uang Jajan Untuk Anak

Apakah Teh Hijau Aman Untuk Semua Orang?

Jika Anda telah didiagnosis dengan anemia defisiensi besi, Anda harus menyadari bahwa, seperti teh lainnya, teh hijau mengandung senyawa alami yang disebut tanin.

Senyawa ini mengganggu penyerapan zat besi – untuk alasan ini berguna untuk menghindari minum teh dengan makanan kaya zat besi dan biarkan setidaknya satu jam sebelum diseduh.

Karena efek menguntungkan teh hijau, sejumlah produk ‘kesehatan’ termasuk jejak teh hijau. Namun, ada bukti terbatas yang menunjukkan bahwa produk ini efektif.

Baca Juga: Rekomendasi Laptop Ryzen 5 Harga Terjangkau

Jika Anda berharap untuk menggunakan teh hijau untuk tujuan pengobatan, lihat dokter umum Anda untuk memastikan Anda dapat melakukannya tanpa risiko bagi kesehatan Anda.

Jika Anda sensitif terhadap kafein, disarankan untuk membatasi jumlah total minuman berkafein yang Anda minum dalam sehari.

Terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur dan, pada beberapa orang, meningkatkan kecemasan.

Jika ini relevan bagi anda, lihat untuk mengurangi asupan Anda dan bertujuan untuk memiliki minuman berkafein terakhir Anda sekitar jam 12 siang.

Penutup

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.