Inilah Pengertian Uji Kompetensi Guru Secara Lengkap
Inilah Pengertian Uji Kompetensi Guru Secara Lengkap

Inilah Pengertian Uji Kompetensi Guru Secara Lengkap

Ges-r.Com – Untuk mencetak dan mengukur kompetensi guru sesuai dengan bidang studi yang Anda ajarkan, semua guru harus mengikuti Tes Kompetensi mengajar (UKG). Baik guru yang mengajar kelas di sekolah di bawah arahan Departemen Pendidikan dan guru Depag Madrasah.

Jadi, apa itu Tes Kompetensi mengajar (UKG)? Menurut WikiPedia, UKG adalah kegiatan ujian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan / kompetensi guru. Saat mengikuti ujian ini, materi disesuaikan dengan bidang studi (mata pelajaran) dan pedagogi guru yang bersangkutan. Kompetensi pedagogis yang terbukti adalah materi yang telah terintegrasi antara konsep pedagogis dan proses pembelajaran di kelas.

Khusus bagi guru yang sudah memiliki sertifikat sertifikasi atau Nomor Registrasi Guru (NRG), kompetensi inti yang dinilai akan sesuai dengan bidang studi sertifikasi. Sedangkan bagi guru yang belum memiliki tenaga pendidik bersertifikat (teacher certification), Pelaksanaan UKG disesuaikan dengan kualifikasi akademik.

Guru bertindak sebagai pendidik yang harus profesional dalam menjalankan tugasnya. Guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi siswa. Guru profesional harus memiliki kualifikasi akademik minimal gelar Sarjana (S-1) atau empat Diploma (D-IV). Tidak hanya itu, guru juga harus mampu menguasai berbagai kompetensi, seperti: pedagogis, sosial dan kepribadian. Semua ini dibuktikan dengan kepemilikan sertifikat pendidik. Guru juga harus sehat jasmani dan rohani dan memiliki semua keterampilan untuk dapat mencapai keberhasilan dan Tujuan Pendidikan Nasional.

Mengapa tes kompetensi mengajar (UKG) dilakukan?

Sebagai profesional, guru juga harus selalu berkembang sejalan dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan seni. Menjadi guru profesional tidak berarti duduk diam. Guru yang profesional harus mampu melakukan inovasi baru dan memiliki pengalaman, kompetensi dan kompetensi. Semuanya harus memenuhi standar atau norma kualitas dan membutuhkan pendidikan profesional.

Faktanya, tidak ada manusia yang mampu menguasai segala sesuatu di berbagai bidang, serta seorang master. Berdasarkan kondisi dan situasi tersebut, untuk mengevaluasi dan menentukan perbedaan kompetensi / kemampuan masing-masing guru dilakukan tes kompetensi mengajar (UKG).

Pemetaan kompetensi mengajar melalui UKG bertujuan untuk mengetahui peta domain kompetensi pedagogis mengajar dan kompetensi profesional. Selain itu, penguasaan kompetensi mengajar akan dijadikan dasar pertimbangan mereka dalam program pengembangan guru.

Kegiatan Uji Kompetensi mengajar (UKG) Harus Diikuti oleh seluruh guru, baik PNS maupun Non PNS, di sekolah dan madrasah di Indonesia. Keikutsertaan dalam kegiatan UKG banyak instansi yang berperan di dalamnya, seperti: BPSDMPK-PMP, LPMP, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan untuk madrasah adalah Kementerian Agama (Kemenag).

Mungkin itu hanya penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan tes kompetensi mengajar (UKG) baik bagi sekolah Kemendiknas maupun Madrasah Kemenag.

Leave a Reply

Your email address will not be published.