Tips Mudah Mengcek Spesifikasi Komputer dan Laptop

Posted on

Ges-r.Com – Spesifikasinya adalah detail jenis komponen dan level yang akan kita gunakan. Apa spesifikasi komputer atau laptop? Spesifikasi komputer adalah rincian lengkap dari semua komponen yang digunakan untuk komputer itu sendiri, seperti CPU (prosesor), RAM, hard drive, Chipset, VGA, dll. Contoh nyata dari spesifikasi komputer adalah motherboard Gigabyte G1-Assassin XL (Intel X58, 6xddr3, 4xpci-Exp 16x, USB3, Sata3, prosesor Core i7 960 (3,2 Ghz) 8 MB cache (kotak), 8 GB RAM PC 10600 / PC 12800, 1 TB Sata3 hard drive, catu daya 450 W, Sata CD/DVD RW (OEM) /Plextor SATA/IDE vc102).

Dapat dikatakan bahwa mengetahui spesifikasi komputer atau laptop adalah wajib. Mengingat spesifikasi komputer ini, sangat terkait dengan anggaran. Jika kita tidak mengetahui spesifikasi komputer yang kita gunakan sama sekali, maka bisa jadi kita mudah tertipu oleh orang lain saat membeli komputer.

Mengetahui spesifikasi komputer atau laptop juga diperlukan ketika kita ingin menginstal program. Secara umum, program komputer harus sesuai dengan spesifikasi komputer itu sendiri. Jika spesifikasi komputer tidak memenuhi persyaratan yang diperlukan dari program tertentu, maka kinerjanya tidak akan maksimal. Efek dari ketidakcocokan antara spesifikasi dan program adalah seolah-olah kinerja komputer melambat.

Berikut cara mudah mengecek spesifikasi komputer dan laptop

Tidak sulit untuk memeriksa spesifikasi komputer yang kita gunakan. Menggunakan fitur default Windows, kita hanya dapat mengetahui spesifikasi komputer. Meskipun untuk mendapatkan spesifikasi komputer yang lebih lengkap, kami bahkan menggunakan perangkat lunak khusus. Tenang, saya akan membahas semuanya sampai akhir.

  1. Memeriksa Spesifikasi Komputer Dari Komputer Saya

Cara termudah dan tercepat untuk memeriksa spesifikasi komputer dan laptop adalah melalui My computer. Caranya anda tinggal klik kanan pada My computer (komputer) yang muncul di desktop atau di Windows Explorer lalu klik Select Properties. Seperti yang Anda lihat di bagian sistem, ada spesifikasi yang terlihat jelas yang kami gunakan mulai dari prosesor, RAM, dan sistem operasi yang digunakan.

  1. Memeriksa Spesifikasi Komputer Dari Alat Diagnostik

Bahkan, menggunakan metode pertama, hasilnya tidak lengkap, dan kita dapat melanjutkan ke cara kedua. Untuk cara kedua, pertama masuk jalankan dengan menekan logo Windows + R pada keyboard, lalu ketik dxdiag dan Enter.

Nantinya, Anda akan dihadapkan dengan layar kerja alat diagnostik yang terdiri dari 5 tab, yaitu: sistem, tampilan, Suara 1, Suara 2 dan Input. Untuk melihat spesifikasi lengkap komputer, Anda dapat mengklik tab pilih sistem. Di sini kita bisa mengetahui jenis motherboard yang digunakan. Contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

  1. Memeriksa Spesifikasi Komputer Dengan Perangkat Lunak

Menurut saya, dua cara di atas masih belum lengkap saat menampilkan spesifikasi komputer dan laptop. Langkah selanjutnya jika Anda juga ingin tahu lebih banyak Anda dapat menggunakan perangkat lunak. Banyak program yang dapat kita gunakan untuk memeriksa spesifikasi komputer. Di sini saya hanya akan merekomendasikan perangkat lunak Speccy. Fitur Speccy sangat komprehensif untuk memberikan laporan spesifikasi komputer.

Kita bisa mendapatkan software Speccy ini secara gratis (gratis) dan juga dengan biaya (pro). Untuk versi berbayar, Speccy saat ini dibanderol dengan Harga $19,95 atau sekitar 260 ribu. Informasi lebih lanjut tentang versi berbayar dari perangkat lunak Speccy dapat dilihat di halaman resmi. Khusus untuk Speccy versi 1.29.714, saat ini kami bisa mendapatkannya secara gratis dan legal. Unduh di halaman Filehippo dan Piriform. Speccy memiliki ukuran yang sangat kecil hanya 4, 95 MB dan dijamin tidak membebani kinerja komputer dan laptop.

Saya pikir semua informasi yang ditunjukkan oleh perangkat lunak Speccy tentang spesifikasi komputer sangat lengkap. Tentu saja, semua rincian SPESIFIKASI ini kita benar-benar perlu untuk memenuhi semua kebutuhan anda.

Mungkin itu adalah seluruh artikel tentang cara memeriksa spesifikasi komputer dan laptop. Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Salam sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *