Langkah Sederhana Membuat Kartu Nama Menggunakan Photoshop
Langkah Sederhana Membuat Kartu Nama Menggunakan Photoshop

Langkah Sederhana Membuat Kartu Nama Menggunakan Photoshop

Posted on

Ges-r.Com – Akhir-akhir ini, lagi senang berdebat tentang bagaimana membuat kartu nama. Dari berbagi file CDR kartu nama, template kartu nama PSD, membuat kartu nama dengan editor office dan Word, hingga membuat kartu nama dengan web online. Tampaknya tidak lengkap jika Anda tidak membahas cara membuat kartu nama dengan Photoshop. Jadi, pada kesempatan yang baik ini, saya akan membagikan cara membuat kartu nama dengan Photoshop.

Tidak hanya dengan program CorelDRAW, kita dapat membuat kartu nama juga menggunakan program Adobe Photoshop. Anda dapat melihat hasil Contoh Sederhana Kartu Nama yang saya buat menggunakan Photoshop pada gambar di bawah ini :

Jika Anda tertarik atau hanya ingin mencoba membuat kartu nama Anda sendiri di Photoshop, ikuti tutorial ini sampai akhir.

Berikut cara sederhana untuk membuat kartu nama keren di Photoshop

Sebelum melanjutkan, Anda harus terlebih dahulu mengunduh materi untuk membuat kartu nama ini sehingga dalam praktiknya Anda tidak mengalami kesulitan. Saya melampirkan beberapa foto dalam format png untuk menyelesaikan pembuatan kartu nama. Bahkan saya melampirkan juga penciptaan kartu nama dalam format PSD.

Nah, setelah mengunduh file yang diperlukan untuk membuat kartu nama, ekstrak arsip dan buka program Photoshop yang diinstal di komputer atau laptop anda. Di sini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Buat kanvas baru dari File > New dan berikan lebar 9 cm dan tinggi 5,5 cm. Untuk resolusi, Anda harus memberikan resolusi hanya untuk versi cetak, yaitu 300 piksel.

Untuk mempermudah membuat kartu nama sesuai contoh kartu nama di atas, buatlah panduan hingga 7 garis horizontal dan 2 garis vertikal. Gambar garis horizontal pada titik 0,5 cm, 1 cm, 3,2 cm, 4,2 cm, 4,3 cm, 5,2 cm dan 5,3 cm. Untuk garis vertikal pada titik 5 cm dan 6 cm.

Sekarang Buat objek menggunakan pen tool (P) dari titik 1 cm secara vertikal ke titik 5 cm secara horizontal. Lanjutkan ke titik horizontal 6 cm dan tarik sehingga sudut-sudutnya melengkung, setelah itu selesai membuat objek ke titik horizontal 9 cm terus ke titik vertikal 0 cm atau sampai selesai sampai terbentuk seperti pada gambar di bawah ini. Objek mewarnai # 2f95bf.

Buat juga objek kedua (di bawah) menggunakan pen tool (P) hingga Anda membentuk trapesium yang tepat. Ikuti poin panduan yang Anda buat sebelumnya dan cat gradien #2f95bf dan #287fa3.

Oh ya, jangan lupa ketika Anda membuat objek menggunakan pen tool dan Rectangle tool, aktifkan juga layer shape sehingga objek yang dibuat secara otomatis memiliki warna latar belakang.

Akhirnya, pembuatan template kartu nama di Photoshop selesai. Sekarang saatnya membuat data. Untuk membuat data, kita harus mengaktifkan Horizontal Type tool (T). Masukkan sebanyak mungkin Detail Kartu Nama, mulai dari identitas lengkap, alamat, kontak, dan sebagainya. Di sini saya menggunakan dua jenis font, yaitu Copperplate Gothic Bold dan Arial Narrow. Untuk font, saya juga melampirkannya ke file unduhan. Silakan tinggal Anda menyalinnya ke folder font di folder Windows komputer Anda.

Seberapa mudah bukan? Silakan keberuntungan membuat kartu nama keren di Photoshop. Jika Anda memiliki desain template kartu nama lainnya, silakan bagikan di kolom komentar yang disediakan. Saya harap artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik dan menarik lainnya. Salam sukses selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *