Cara Menurunkan Kadar Kolesterol
Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Posted on

Ges-r.com – Hallo semuanya, jumpa lagi bersama kami yang pada kesempatan ini akan berbagi informasi mengenai bagaimana Cara Menurunkan Kadar Kolesterol.

Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol untuk bekerja dengan baik. Tetapi jika Anda memiliki terlalu banyak dalam darah Anda, itu dapat menempel pada dinding arteri Anda.

Dan mempersempit atau bahkan memblokirnya, ini menempatkan Anda pada risiko penyakit arteri koroner dan penyakit jantung lainnya.

Kolesterol berjalan melalui darah pada protein yang disebut lipoprotein. Satu jenis, LDL, kadang-kadang disebut kolesterol “jahat”.

Baca Juga: Tips Mudah Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cara Tradisional

Tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri Anda. Jenis lain, HDL, kadang-kadang disebut kolesterol “baik”.

Ini membawa kolesterol dari bagian lain dari tubuh Anda kembali ke hati Anda. Kemudian hati Anda menghilangkan kolesterol dari tubuh Anda.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (baik) Anda.

Dengan menjaga kadar kolesterol Anda dalam kisaran, anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Apa Pengobatan Untuk Kolesterol Tinggi?

Perawatan utama untuk kolesterol tinggi adalah perubahan gaya hidup dan obat-obatan. Perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol dapat Anda simak dibawah ini.

Perubahan gaya hidup sehat jantung yang dapat membantu Anda menurunkan atau mengontrol kolesterol Anda meliputi:

  • Jantung-makan sehat. Rencana makan jantung sehat membatasi jumlah lemak jenuh dan trans yang Anda makan. Ini merekomendasikan agar Anda makan dan minum hanya cukup kalori untuk tetap pada berat badan yang sehat dan menghindari penambahan berat badan. Ini mendorong Anda untuk memilih berbagai makanan bergizi, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Contoh rencana makan yang dapat menurunkan kolesterol Anda termasuk diet perubahan gaya hidup terapeutik dan rencana makan DASH.
  • Manajemen Berat Badan. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) Anda. Ini sangat penting bagi penderita sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor risiko yang mencakup kadar trigliserida tinggi, kadar kolesterol HDL (baik) rendah, dan kelebihan berat badan dengan ukuran pinggang yang besar (lebih dari 40 inci untuk pria dan lebih dari 35 inci untuk wanita).
  • Aktivitas Fisik. Setiap orang harus mendapatkan aktivitas fisik secara teratur (30 menit pada sebagian besar, jika tidak semua, hari).
  • Mengelola stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa stres kronis kadang-kadang dapat meningkatkan kolesterol LDL Anda dan menurunkan kolesterol HDL Anda.
  • Berhenti merokok. Berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol HDL Anda. Karena HDL membantu menghilangkan kolesterol LDL dari arteri Anda, memiliki lebih banyak HDL dapat membantu menurunkan kolesterol LDL anda.

Obat untuk menurunkan kolesterol

Bagi sebagian orang, membuat perubahan gaya hidup saja tidak cukup menurunkan kolesterol mereka. Mereka mungkin juga perlu minum obat. Ada beberapa jenis obat penurun kolesterol yang tersedia.

Mereka bekerja dengan cara yang berbeda dan dapat memiliki efek samping yang berbeda. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat mana yang tepat untuk anda.

Bahkan jika Anda minum obat untuk menurunkan kolesterol Anda, Anda masih perlu melanjutkan perubahan gaya hidup.

Lipoprotein apheresis untuk menurunkan kolesterol

Hiperkolesterolemia Familial (FH) adalah bentuk warisan kolesterol tinggi. Beberapa orang yang memiliki FH mungkin mendapatkan pengobatan yang disebut lipoprotein apheresis.

Perawatan ini menggunakan mesin penyaringan untuk menghilangkan kolesterol LDL dari darah. Kemudian mesin mengembalikan sisa darah kembali ke orang tersebut.

Suplemen untuk menurunkan kolesterol

Beberapa perusahaan menjual suplemen yang mereka katakan dapat menurunkan kolesterol. Para peneliti telah mempelajari banyak suplemen ini, termasuk beras ragi merah, biji rami, dan bawang putih.

Pada saat ini, tidak ada bukti konklusif bahwa salah satu dari mereka efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, suplemen dapat menyebabkan efek samping dan interaksi dengan obat-obatan. Selalu periksa dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum Anda mengambil suplemen apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *