Yang Wajib Anda Ketahui Saat Hamil Di Usia Muda
Yang Wajib Anda Ketahui Saat Hamil Di Usia Muda

Yang Wajib Anda Ketahui Saat Hamil Di Usia Muda

Posted on

Ges-r.Com – Bahkan jika usia telah berlalu 35 tahun, seorang wanita masih memiliki kesempatan untuk hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Namun, hamil di usia tua juga berpotensi menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi ibu dan janin. Baik pada kehamilan pertama, kedua atau berikutnya, masih memiliki komplikasi yang tinggi.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa begitu Anda mencapai usia 35 tahun, pengalaman hamil menjadi lebih menantang. Saat memutuskan untuk hamil di usia tua, ada baiknya membahas beberapa risiko terlebih dahulu. Lantas apa yang harus diketahui saat hamil di usia tua?

Kondisi ibu jika hamil di usia tua

Hamil di atas usia 35 tahun berbeda dengan Hamil di usia muda. Tingkat kesuburan ibu akan menurun seiring bertambahnya usia. Selain itu, jumlah dan kualitas telur yang dihasilkan akan menurun, perubahan hormonal dapat mempengaruhi ovulasi.

Itu sebabnya, hamil di usia yang tidak lagi muda menjadi penuh dengan risiko. Meski begitu, bukan tidak mungkin untuk melewatinya dengan sehat dan lembut.

Tips sehat untuk hamil di usia tua

Meski banyak risiko yang bisa dialami, ibu tidak perlu khawatir. Karena kebanyakan wanita hamil di atas usia 35 tahun mampu melahirkan bayi yang sehat. Ibu dapat melakukan cara-cara berikut untuk menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan hingga nanti setelah melahirkan:

Periksa Kehamilan Secara Teratur

Dari hari-hari pertama kehamilan, ibu dapat pergi ke dokter kandungan, untuk mendeteksi kemungkinan kelainan pada bayi sehingga mereka dapat segera diobati. Diabetes gestasional dan Preeklamsia juga dapat dideteksi sejak dini melalui pemeriksaan rutin.

Pertahankan kenaikan berat badan Normal

Wanita hamil harus menjaga berat badannya agar tidak terlalu sedikit atau terlalu banyak. Jika berat badan ibu hanya bertambah sedikit, ibu mungkin berisiko melahirkan bayi prematur. Di sisi lain, jika kenaikan berat badan ibu terlalu berlebihan, Ibu berisiko terkena diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *