5 Aplikasi Live Streaming Game PC Terbaik untuk Youtuber Gaming

Aplikasi Live Streaming Game PC

GES-r.com – Aplikasi live streaming game PC telah menjadi kebutuhan wajib bagi para youtuber gaming. Dengan aplikasi ini, kalian dapat menunjukkan aksi permainan dalam game PC secara live sehingga orang lain yang melihatnya pun bisa ikut merasakan keseruan memainkan game tersebut.

Untuk mengadakan live streaming game, kalian tentu memerlukan aplikasi live streaming yang mumpuni. Dengan aplikasi yang bagus, kegiatan merekam akan menjadi lebih mudah dan rekaman yang dihasilkan pun memiliki kualitas bagus.

1. OBS Studio

OBS Studio Logo

Ini adalah aplikasi yang populer di kalangan para penggemar videografi dan youtuber gaming yang ingin melakukan live streaming. OBS Studio merupakan aplikasi open source dan dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini support untuk sistem operasi MacOS, Linux, dan Windows.

Dengan fitur yang memadai dan gratis, tidak heran jika aplikasi ini banyak diminati. Dengan aplikasi ini kalian memiliki keleluasaan untuk mengontrol bagian yang ingin ditampilkan saat live streaming. Selain itu, kalian juga dapat mengatur efek audio agar live streaming tersebut terasa lebih hidup.

Hadir dengan tampilan yang sederhana, aplikasi ini sangat mudah digunakan. OBS Studio tersedia dalam versi 32 bit dan 64 bit. Ada beberapa pilihan bahasa yang dapat dipilih untuk memudahkan pengoperasiannya. Memang, untuk pilihan bahasanya belum ada Bahasa Indonesia.

Download : OBS Studio

 

2. Streamlabs OBS

Streamlabs OBS Logo

Jika kalian menginginkan kualitas dan pengalaman yang lebih baik dari OBS Studio, aplikasi live streaming game PC ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat oleh developer yang sama dengan OBS Studio. Aplikasi ini menawarkan tampilan yang lebih ramah tetapi dengan performa yang lebih opimal.

Mengusung tampilan yang lebih ramah, Streamlabs cocok digunakan bagi pemula yang ingin melakukan streaming game PC. Salah satu kekurangan dari Streamlabs adalah tidak tersedianya mode studio. Ini adalah fitur yang sempat tersedia pada OBS Studio beberapa tahun lalu. Fitur tersebut termasuk yang banyak dicari oleh para pengguna.

Sama seperti OBS Studio, aplikasi ini juga bisa kalian dapatkan secara gratis. Aplikasi ini memungkinkan kalian melakukan live streaming game melalui Youtube, Mixer, Facebook, Twich, dsb. Biasanya aplikasi ini dijadikan alternatif dari OBS Studio bagi yang ingin lebih fokus pada aktivitas live streaming.

Download : Streamlabs OBS

 

3. Nvidia Shadowplay

nvidia shadowplay logo

Ini adalah aplikasi live streaming untuk game PC yang cocok untuk perangkat berbasis Windows, khususnya bagi pengguna kartu grafis Nvidia GeForce. Pasalnya Nvidia Shadowplay sudah disertakan dalam drivernya. Aplikasi ini lebih fleksibel jika dibandingkan OBS Studio.

Salah satu daya tarik dari aplikasi ini adalah kemampuannya untuk merekam mundur ke belakang sampai 20 menit. Jadi momen-momen berharga yang terlewat dapat kalian abadikan dalam bentuk video. Video tersebut akan disimpan dengan format MP4 dengan kode H.264 sehingga ukuran file video tidak terlalu besar.

Aplikasi ini hadir dengan 4 mode perekaman video untuk berbagi sesi game secara langsung. Kualitas hasil rekaman dari Nvidia Shadowplay cukup beragam. Kalian bisa mengatur kualitasnya dari menu Quality mulai dari Low hingga High. Pada custom quality, kalian juga dapat menemukan pengaturan resolusi gambar, bitrate, dan frame rate.

Download : Nvidia Shadowplay

 

4. Xsplit Gamecaster

Xsplit Gamecaster logo

Aplikasi live streaming game PC ini cukup menarik perhatian karena menawarkan fitur streaming yang kuat. Xsplit mampu menayangkan streaming dengan lancar dan stabil saat kalian bermain game. Bahkan kinerja aplikasi ini tidak akan mengganggu performa game  yang sedang dimainkan.

Aplikasi Xsplit Gamecaster jauh lebih mudah digunakan daripada OBS. Proses untuk memulai live streaming pun sangat sederhana yaitu cukup dengan menekan 1 tombol. Daya tarik dari aplikasi ini adalah mampu mengonfigurasi pengaturan yang sesuai dengan jenis laptop atau PC yang kalian gunakan untuk live streaming.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kalian cukup download Xsplit Gamecaster dari situs resminya kemudian install di PC kalian. Setelah itu daftarkan diri kalian dengan akun Facebook, Twitter,atau Steam. Setelah registrasi kalian dapat mengatur setelan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan seperti devices,  record settings, dan sebagainya.

Download : Xsplit Gamecaster

 

5. Tiny Take

Tiny Take Logo 1

Aplikasi selanjutnya untuk live streaming PC adalah Tiny Take. Ini adalah software untuk merekam layar pada perangkat Windows dan MacOS. Tiny Take tersedia dalam 2 versi yakni gratis dan berbayar. Sama seperti aplikasi pada umumnya, fitur yang diusung oleh aplikasi gratis tidak selengkap aplikasi berbayar. Walaupun demikian fitur yang diusung sudah cukup memadai untuk melakukan live streaming.

Pada aplikasi gratis, kalian hanya bisa merekam video dengan durasi maksimal 2 jam. Jika kalian ingin merekam dengan durasi yang lebih lama dan menggunakan fitur-fitur lainnya, kalian dapat menggunakan versi berbayar yang dapat dibeli langsung dari web resmi Tiny Take.

Beberapa keunggulan dari aplikasi ini antara lain adalah tidak ada watermark pada hasil rekaman, tersedia penyimpanan cloud 2 GB, dan perekaman juga dapat dilakukan dengan mudah. Walaupun demikian, aplikasi ini juga masih memiliki beberapa kekurangan seperti belum ada fitur untuk mengedit video hasil rekaman.

Download : Tiny Take

 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi live streaming game PC yang dapat kalian gunakan. Pilihlah aplikasi dengan interface dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan kalian sehingga kegiatan live streaming game PC dapat menjadi momen yang sesuai dengan keinginan kalian.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.