10 Aplikasi Pendukung Game PC Agar Nge-Game Makin Asyik

Aplikasi Pendukung Game PC

GES-r.com – Hobi bermain game berat, tetapi kemampuan personal komputer (komputer pribadi – PC) terbatas. Akibatnya sering terjadi lag. Untuk mengatasi masalah tersebut, bukan berarti harus beli komputer baru dengan kelengkapan yang lebih tinggi. Salah satu solusi murah yang bisa dilakukan adalah dengan memasang aplikasi pendukung game PC. Apa saja perangkat lunak yang dimaksud? Apa fungsinya? Dimana bisa diunduh? Ayo simak.

Ada Kemauan, Ada Jalan

Komputer yang dengan spek rendahternyata bukan penghalang untuk dapat memainkan game. Memang banyak game PC yang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi dan memori besar. Situasi ini bisa dibantu oleh aplikasi pendukung game PC yang sesuai.

Apa sih yang dimaksud perangkat lunak pendukung game? Istilah ini digunakan untuk perangkat lunak yang dapat membantu memperbaiki kinerja PC, dengan cara meningkatkan kinerja prosesor, hard disk, RAM, hingga kartu grafis. Jadi, selagi PC masih bisa bekerja optimal setelah game di-instal, kamu tidak memerlukan perangkat lunak ini. Tetapi, ketika game sudah di-instal dan ternyata PC mendadak lag, dan gejala ini berlangsung kembali setelah di-restart, tandanya kamu memerlukan perangkat lunak pendukung.

10 Pilihan Aplikasi Pendukung Game PC

Seiring perkembangan dunia game, saat ini telah ada banyak pilihan perangkat lunak pendukung game. Pertanyaannya, bagaimana mengetahui perangkat lunak pendukung game PC yang tepat? Tentunya kamu harus melakukan browsing terlebih dahulu untuk melihat kesaksian dari orang-orang yang telah menggunakan perangkat lunak yanyr6u5 69hiub v7ytghcvg kamu pilih.

Sebagai alternatif, berikut ini perangkat lunak pendukung PC yang bisa kamu coba unduh dan pasang pada PC untuk membuat acara main game makin asyik:

1. Game Fire 6

Referensi aplikasi pendukung game PC yang pertama adalah Gaame Fire 6. Game Fire memiliki perangkat penguat permainan yang banyak disukai penggunanya. Contohnya, perangkat lunak pengelola yang berfungsi salah satunya sebagai folder defragger agar file tetap berdekatan dengan disk. Perangkat lunak ini juga memiliki banyak pilihan tweak di Windows, serta kemampuan untuk mematikan perangkat lunak atau program yang tidak diperlukan.

Salah satu yang harus diwaspadai adalah perangkat lunak lain yang ikut dibawa saat proses instalasi. Bila perangkat lunak bawaan ini tidak diperlukan, mereka dapat dihapus setelah perangkat lunak ter-instal. Perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis di Techspot.

2. Iobit Game Booster

Perangkat lunak ini cukup sederhana, namun dapat diandalkan. Cara pemakaiannya mudah, dimana setelah instalasi dan bisa dibuka, pengguna tingga menekan tombol ‘Start Boost’ dan perangkat lunak ini akan langsung bekerja meningkatkan kinerja PC. Perangkat lunak ini dapat diunduh di Techspot.

3. MSI Afterburner

Perangkat lunak ini banyak diandalkan para pemain game HD yang cukup berat. MSI Afterburner dapat membuat tweak pada tegangan tinggi, core, dan shader clocks. Pengontrolan statistik vital kartu juga dapat dilakukan, karena perangkat lunak ini mampu membuat analisis dari serangkaian grafik, serta mengontrol kecepatan kipas melalui slider.

Tertarik? Perangkat lunak MSI Afterburner dapat diunduh melalui Techspot dengan ukuran file 48,4 MB.

4. Geforce Experience

 

Produk dari Nvidia ini dapat bekerja dengan baik ketika pada PC telah terpasang GPU Nvidia, meskipun masih tetap stabil pada PC AMD. Perangkat lunak ini mampu mengoptimalkan pengalaman bermain game dan membuat driver pada komputer tetap mengikuti perkembangan terkini. Bila pada PC juga terdapat Nvidia Shield, maka streaming game dapat dilakukan dengan sangat baik.

Bila kamu ingin mengambil screenshot game yang sedang dimainkan, Geforce memberikan fasilitas tingkat profesional dan langsung bisa dibagikan di media sosial. Tersedia pilihan resolusi super, HDR, 360, dan stereo. Fasilitas ini berlaku pada game yang sesuai. Perangkat lunak ini dapat diunduh melalui official site Nvidia.

5. Razer Surround

Sesuai namanya, perangkat lunak ini lebih berfokus pada audio. Sebagian pemain game menyukai audio yang luar biasa selama memainkan game. Razer Surround dapat membantu memberikan kepuasan ini, sekalipun headset yang digunakan kualitasnya biasa saja.

Kartu suara virtual pada Razer Surround memungkinkan pengguna mencapai efek audio sesuai keinginan. Perangkat lunak ini dapat diunduh di situs Razer.

6. Razer Game Booster

Produsen perangkat lunak Razer tidak mau kalah dalam mendukung penggemar permainan game. Bekerja sama dengan iOBit, muncullan Razer Game Booster. Salah satu kelebihan perangkat lunak ini adalah bagian yang berfungsi untuk menutup program atau layanan yang tidak diperlukan dan membebani sistem.

Perangkat pendukung yang juga menjadi andalan adalah Driver Updater, Screenshot Gallery, dan FPS Counter. Perangkat ini dapat diunduh melalui situs Razer.

7. Wise Game Booster

Perangkat lunak ini mendapatkan banyak tanggapan positif dari penggunanya. PC yang sering mengalami lag setelah instalasi game sangat terbantu oleh perangkat lunak pendukung game ini. Penggunaan game dengan banyak pemain juga sangat terbantu oleh perangkat lunak ini.

Kelebihan lain, perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis di website Neonwap dengan ukuran file 3 MB.

8. AMD Raptr

Perangkat lunak AMD Raptr dapat bekerja lebih optimal pada PC yang telah menggunakan kartu grafis AMD, meskipun bukan versi yang terbaru. Perangkat lunak ini memungkinkan optimalisasi dari segala jenis permainan.

Boosting perangkat lunak ini sebelum memulai game, agar PC tidak lag sekaligus kinerja game optimal. Aplikasi pendukung game PC ini dapat diunduh melalui web Techspot dengan ukuran file 48,2 MB.

9. Roccat Power Grid

Software ini dapat mengubah tablet android atau smartphone menjadi layar kedua PC. Roccat Power Grid dapat meningkatkan performa PC dan menjamin kenyamanan dalam bermain game.

Perangkat lunak ini dapat menutup semua program atau perangkat lunak lain yang sedang berjalan di PC, agar sumber daya sistem terfokuskan pada game yang sedang dijalankan. Perangkat lunak Roccat Power Grid dapat diunduh melalui official site Roccat dengan ukuran 38,9 MB.

10. EVGA Precision

Perangkat lunak EVGA Precision juga mendukung PC yang menggunakan kartu grafis Nvidia. Perangkat lunak ini mampu men-tweak lock GPU, tegangan, memory clocks, dan mengatur putaran kipas agar selama bermain game PC tidak mengalami kelebihan panas.

Setidaknya ada 10 profil konfigurasi yang dapat dipilih dalam pengaturan overlocking bila menggunakan perangkat lunak ini. Pengguna EVGA Precision juga dapat menarik frame rate cap dan built-in benchmark.

Tertarik menggunakan perangkat lunak ini? kamu bisa mengunduhnya melalui situs resminya Evga yang dilengkapi keterangan perangkat lunak, sehingga amu bisa menyesuaikan pilihan dengan kondisi PC.

Tidak semua komputer didesain untuk mendukung kegiatan bermain game. Akibatnya, komputer mengalami lag dan mengganggu perangkat lunak yang lain. Gangguan lag saat PC digunakan bermain game dapat diatasi dengan penggunaan aplikasi pendukung game PC. Tidak semua game PC perlu diunduh dan di-instal pada PC, tetapi pilih salah satu yang sesuai kebutuhan.

Memiliki pengalaman menggunakan booster untuk mendukung game pada PC? Atau memiliki pertanyaan seputar perangkat lunak pendukung game? Tulis pengalaman atau pertanyaan kamu pada kolom komentar dan tunggu jawaban dari kami.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.