6 Game Edukasi Anak Lengkap Sesuai Usia yang Asyik!

Game Edukasi Anak Lengkap Sesuai Usia

GES-r.com – Bingung cara bikin anak senang belajar? Cobalah pakai game edukasi anak lengkap. Unduh melalui play store di HP dan sesuaikan pemakaiannya dengan usia mereka.

Ada banyak jenis game yang bisa Anda pilih, mulai dari pengenalan huruf, angka, melukis atau menggambar, hingga penjumlahan dan pengurangan.

Semua permainan ini bisa diunduh secara gratis dan biasanya tetap dapat dimainkan meski smartphone dalam keadaan offline. Artinya, selama anak bermain, HP bisa di airplane mode, supaya tidak bisa membuka youtube yang bisa membuat mereka terdistraksi.

Inilah beberapa game edukasi anak yang sangat recommended dan bisa Anda coba.

 

1. Game Balita untuk Anak Usia 2 dan 3 Tahun

Permainan ini sebaiknya dimainkan oleh anak usia di bawah 5 tahun. Isi permainannya adalah pengenalan warna, mewarnai, nama benda, bentuk (bangun datar), huruf-huruf dasar, dan mengajarkan anak untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik.

Game Balita untuk Anak Usia 2 dan 3 Tahun

Semuanya dibuat all in one untuk anak usia dini. Sangat bagus karena gambarnya lucu-lucu. Warnanya juga tidak monoton dan bikin tidak cepat bosan. Anda bisa mencari di Play Store dengan kata kunci “Game Balita Anak Usia 2 dan 3 Tahun”.

Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari sejuta orang dengan total bintang 3,7 dari 2.299 ulasan.

 

2. Belajar huruf ABC + Suara, game edukasi anak 3 tahun

Permainan kedua yang bisa kami rekomendasikan adalah besutan dari Solite Kids. Di “Belajar Huruf ABC + Suara”, anak-anak bisa belajar huruf satu demi satu kemudian mengenal nama benda yang diawali dengan huruf tersebut.

Belajar huruf ABC Suara game edukasi anak 3 tahun

Untuk mengetes kemampuan anak, permainan ini juga menyediakan kuis yang menarik dengan memilih bola lampu, kincir angin, truk huruf, puzzle, memberi makan ikan dengan huruf, dll. Semuanya dikemas dengan gambar dan suara yang menarik.

Sangat cocok digunakan pada anak usia dini atau masih PAUD, misalnya umur 3 tahun ke atas. Gunanya adalah untuk mengenalkan huruf dan nama benda kepada mereka.

Permainan ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 500.000 kali dengan perolehan rating 4,0 dari total 1.691.

 

3. Marbel belajar berhitung, game pendidikan anak-anak di bawah 8 tahun

Sudah belajar nama benda dan huruf, sekarang giliran angka. Di sini ada 4 kategori pembelajaran angka yang bisa dimainkan. Di antaranya adalah mengenal angka, penjumlahan, pengurangan, konsep lebih besar dan kecil.

Marbel belajar berhitung game pendidikan anak anak di bawah 8 tahun

Pengenalan angka yang diajarkan tak hanya menghafal angkanya, tetapi juga mengajarkan cara menghitung benda yang lucu-lucu. Mulai dari perhitungan dasar 0-10. Jadi, anak-anak bisa mengikutinya dengan sangat baik secara bertingkat.

Akan sangat baik bila saat belajar anak ditemani oleh orang tua sehingga ada yang mengarahkan mereka.

Game ini sudah di-instal sebanyak lebih dari 500.000 kali dengan perolehan bintang 4,4 dari ulasan total 3.443.

 

4. Belajar mudah hijaiyah, game untuk mengenalkan huruf arab sejak dini

Wujudkan cinta alquran sejak dini dengan mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. Anda bisa mengunduh game “Belajar Mudah Hijaiyah”. Di game ini, anak-anak akan diajarkan huruf hijaiyah, alif sampai ya’, membaca dan menuliskannya.

Belajar mudah hijaiyah game untuk mengenalkan huruf arab sejak dini

Anak-anak juga belajar apa itu Asmaul Husna dan menghafalkannya berserta arti. Semuanya dikemas dengan gambar yang warnanya pas dan musiknya bikin semangat.

Saat ini, aplikasi Belajar Mudah Hijaiyah ini sudah diunduh oleh lebih dari sejuta orang dan mendapatkan rating 4,5 dari total 13 ribuan ulasan yang didapatkan.

 

5. Mewarnai Anak, Menggambar Warna

Sesuai dengan namanya, game ini diperuntukkan untuk anak-anak yang suka menggambar. Dengan aplikasi ini putra putri Anda akan belajar bagaimana memadu padankan warna.

Mewarnai Anak Menggambar Warna

Ada banyak gambar yang tersedia di sini. Mulai dari hewan, alat transportasi, bunga atau tanaman, pemandangan, dll.

Alat mewarnai yang digunakan juga beragam, ada pencil hingga kuas untuk melukis. Yang paling penting, game ini sangat mudah dipahami oleh anak-anak. Tata letak yang pas dan warna yang beraneka ragam membuat aplikasi ini sangat direkomendasikan.

Jika dimainkan pada usia dini, game ini juga bisa mengenalkan warna kepada mereka sekaligus memberitahukan pilihan warna yang tepat untuk mewarnai hewan tertentu. Sebab ada pilihan pewarnaan otomatis.

Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna dan bintangnya adalah 4,0 dari 12.688 ulasan.

 

6. Jenius Matematika Panda Kecil, game edukasi anak lengkap berbahasa inggris

Jika dari kecil putra-putri Anda sudah kenal dengan bahasa inggris, maka tak ada salahnya mengenalkan permainan ini.

Jenius Matematika Panda Kecil game edukasi anak lengkap berbahasa inggris

Game ini mengajarkan anak-anak untuk berhitung dalam bahasa inggris. Mulai dari penjumlahan (addition) dan pengurangan (substraction). Sangat cocok untuk anak yang suka dengan serial Baby Bus. Sebab tokoh yang digunakan di sini adalah Panda.

Gambar dan musiknya sangat menyatu dan membuat putra-putri Anda makin senang berhitung. Tak heran bila bintangnya 4,3 dari 7.968 ulasan. Sementara total instalasinya sudah lebih dari 5 juta.

 

Itulah beberapa game edukasi anak lengkap yang bisa Anda unduh. Sengaja rekomendasi aplikasinya dibagi berdasarkan usia, bukan game edukasi anak all in 1. Sebab permainan all in one bisa berpotensi membuat anak bingung karena belajar secara tidak bertahap.

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.