Cara Main Game PS2 di PC Menggunakan PCSX2

Cara Main Game PS2 di PC Menggunakan PCSX2

GES-r.com – Bagi kalian yang ingin bernostalgia main playstation, sekarang kalian bisa mencoba cara main game PS2 di PC. Jadi kalian tidak perlu beli Playstation 2 untuk bisa memainkan game-game legendaris yang pernah populer dijamannya.

Salah satu cara main game PS2 di PC berikut ini memungkinkan kalian untuk memainkan hampir semua game PS2 yang ada. Cukup dengan bermodal PC atau laptop dan emulator PS2, kalian sudah bisa memainkan game favorit PS2 yang diinginkan. Selain itu, kalian juga tidak perlu repot-repot menyiapkan kaset fisik karena cara ini menggunakan file ISO untuk menampung data game. Penasaran ingin tahu caranya? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

PCSX2 Emulator PS2 Terbaik untuk PC

PCSX2 for PC

PCSX2 adalah emulator PS2 yang paling direkomendasikan untuk saat ini. Tetapi sebelum menggunakannya, lebih baik kalian memeriksa dulu spesifikasi laptop atau PC untuk memastikan emulator tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Spesifikasi Minimum

Spesifikasi yang Direkomendasikan

  • OS (Sistem Operasi): Windows Vista SP2, Linux, atau versi terbaru.

  • CPU (Prosesor): Pentium 4 ke atas atau Athlon 64 keatas (yang sudah support SSE2).

  • RAM: 2 GB atau lebih.

  • GPU: DirectX 10 atau yang lebih baik.

  • OS: Windows 7/Windows 8/Windows 8.1/Windows 10 (64 bit)

  • CPU (Prosesor): Intel Hasswell 4xxx Series (setara AMD) @2000 STR atau yang lebih baik

  • RAM: 4 GB

  • GPU: DirectX 11 GPU

 

Siapkan File Pendukung

Sebelum mencoba cara main game PS2 di PC, kalian wajib mengunduh terlebih dahulu file yang dibutuhkan yaitu emulator PS, pengaturan untuk menjalankan emulator, dan tentunya game PS yang ingin dimainkaan.

  • Download Emulator PS2 PCSX2

Dalam cara ini, emulator yang akan kita gunakan adalah PCSX2. Dari sekian banyak emulator PS2 yang ada, PCSX2 diketahui menawarkan performa terbaik dibandingkan emulator lainnya. Kalian bisa mengunduh PCSX2 ini dari situs resminya PCSX2.

  • Download BIOS PCSX2

Ini adalah pengaturan yang kalian butuhkan untuk menjalankan emulator PCSX2 di PC kalian sehingga tidak boleh ketinggalan untuk diunduh. Kalian bisa mengunduhnya dari link berikut Bios PCSX2.

  • Download Game PS2 yang Ingin Dimainkan

Untuk mengetahui tingkat keberhasilan cara ini, tentunya kalian harus sudah menyiapkan file ISO game PS2 yang ingin dimainkan. Simpan file ISO game tersebut di PC atau laptop kalian. Jika belum punya, kalian bisa mendownloadnya dari sini.

 

Instal PCSX2

Emulator PCSX2 dapat berjalan di perangkat berbasis Windows, Linux, dan MacOS. Saat mendownload, pilih aplikasi sesuai dengan sistem operasi di perangkat kalian. Setelah berhasil mendownload emulator ini, double klik pada file Exe untuk mulai melakukan proses instalasi.

Instal PCSX2

  • Memilih Pengaturan Controller Untuk Bermain Game

Pilih opsi configure pada PAD jika kalian akan memainkan game PS2 dengan keyboard. PAD 1 digunakan untuk pemain 1 sedangkan PAD 2 untuk pemain 2. Tetapi jika kalian akan bermain menggunakan Gamepad, Controller, atau stick PS2/PS3/PS4, maka kalian tidak perlu memilih menu Configure

  • Memilih Pengaturan Bios Untuk Emulator PS2

Setelah menginstall emulator PS2, langkah berikutnya untuk cara main game PS2 di PC adalah melakukan pengaturan Bios. Ekstrak file Bios PCSX2. Letakkan file tersebut di folder atau tempat yang mudah kalian aksses. Pada menu pemilihan Bios, cari file Bios yang baru saja kalian simpan tadi. Setelah itu, klik Refresh list. Selanjutnya pilih Bios PS2 yang akan digunakan.

  • Memilih ISO Game PS

Selanjutnya, kita akan menuju ke pemilihan ISO game PS2 yang sudah kalian siapkan. Pilih menu CDVD > Iso Selector. Pilih file ISO game yang ingin dimainkan.

 

Cara Memainkan Game PS2

Setelah memilih file ISO game PS2, jalankan game tersebut. Pilih menu System > Reboot CDVD fast atau full. Setelah itu, game secara otomatis akan berjalan. Selesai, sekarang kalian sudah bisa bermain game PS2 di PC atau laptop dengan emulator. Untuk mendapatkan kualitas maksimal, pastikan kalian mengupdate dulu DirectX dan Visual C++ berdasarkan rekomendasi yang diminta.

Catatan:

Untuk bermain game menggunakan emulator PCSX2, kalian memang dapat menggunakan perangkat dengan spek minimum. Namun ada 2 hal yang perlu kalian ingat. Pertama, mungkin tidak semua game PS2 bisa kalian mainkan karena perlu spek yang lebih tinggi. Kedua, kalian mungkin juga kesulitan mendapatkan kualitas grafis HD.

Tetapi jika prinsipnya untuk sekedar bisa main game PS2, hal ini tentu tidak jadi masalah. Jika layar PC atau laptop kalian kurang nyaman dilihat saat bermain, kalian bisa menyambungkannya ke layar TV untuk memperoleh pengalaman bermain yang lebih baik melalui kabel HDMI.

 

Demikian cara main game PS2 di PC atau laptop. Selain PCSX2 sebenarnya masih ada banyak pilihan emulator PS2 yang dapat menjadi alternatif untuk bermain game PS2 di PC. Tetapi kebanyakan emulator tersebut kurang memuaskan seperti kualitas permainan yang buruk, kurang responsive, dan lain sebagainya. Hasilnya banyak gamers yang kapok menggunakan emulator

Tags

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.