Playstation 5 Siap Rilis Tahun ini, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Playstation 5 Siap Rilis Tahun ini

GES-r.com – Sony selalu terus berkembang dengan pesat untuk megeluarkan produk terbarunya. Terbukti dengan produknya terbaru, yaitu Playstation 5. Playstation 5 ini merupakan konsol Sony yang paling terbuka dalam beberapa generasi terakhir ini. Sony pun telah merancang PS5 ini semaksimal mungkin dengan memberikan fitur tambahan yang beraneka ragam agar dapat memuaskan hati para gamer yang ada di dunia ini. Untuk itu mari kita mengenal lebih dekat tentang Playstation 5 ini.

Mengapa Diberi Nama Playstation 5?

Sudah banyak orang yang tahu, bahwa konsul terbaru Sony secara resmi diberi nama Playstation 5. Nama ini diambil berdasarkan sistem penomoran angka. Seperti yang telah banyak orang ketahui pula, bahwa Sony selalu menggunakan sistem penomoran angka normal sejak pertama kali Sony mengeluarkan Playstation.

Dengan demikian, sangat kecil kemungkinannya jika Sony menggunakan sistem penomoran romawi maupun sistem penomoran lainnya yang berbeda dengan generasi yang lebih dahulu keluar. Untuk itu, telah dinyatakan oleh bahwa nama konsul terbaru Sony adalah Playstation 5.

Kapan Rilis Playstation 5?

Tentunya banyak orang yang menunggu kapan rilis konsol terbaru Sony ini. Dari pihak Sony sendiri telah mengonfirmasi bahwa konsul terbarunya tersebut akan dirilis pada akhir tahun 2020. Hal yang lebih menarik lagi adalah dalam periode yang sama Microsoft juga akan mengeluarkan Xbox Scarlett. Hal ini kemungkinan merupakan salah satu langkah Sony untuk menantang Microsoft dalam perang konsol.

Rilis Playstation 5

Namun Sony sendiri tidak mengonfirmasi mengenai bulan atau bahkan tanggal yang pasti tentang peluncuran Playstation 5 ini. Namun jika dilihat dari rilisnya Playstation 4 yang sebelumnya, diperkirakan Playstation 5 ini akan diluncurkan sekitar bulan November. Kompas Tekno dari TrustedReviews pun juga mengabarkan bahwa peluncuran PS5 ini juga disinyalir akan dirilis pada pameran komputer dan video game.

Bagaimana Spesifikasi CPU dan GPU-nya?

Kabar mengenai spesifikasi CPU dan GPU platstaion 5 ini diungkap oleh pembocor hardware yang terpercaya melalui akun twitter-nya yaitu @Tum_Apisak. Dia mengatakan bahwa kode yang ada pada arsitektur AMD Gonzalo, Playstation 5 ini akan didukung dengan CPU delapan core. Hal ini serupa dengan yang ada pada Playstation 4 pro. Tetapi arsitekturnya mempunyai perbedaan, yaitu yang PS5 ini menggunakan AMD Zen 2. AMD Zen 2 ini tentunya lebih bagus atau lebih upgrade dari AMD Zen+ dari produk sebelumnya.

Clock Speed CPU dari PS5 ini sendiri diperkirakan akan berkisar antara 1 GHz sampai 3.2 GHz. Sedangkan PS4 kemaren saja hanya menggunakan APU AMD Jaguar yang memiliki clock speed sebesar 2,13  GHz. Dengan demikian, tentunya PS5 ini lebih bagus lagi dibandingakan dengan PS4.

Mengapa Diberi Nama Playstation 5?

Bahkan aspek GPU (gratis) PS5 ini diperkirakan akan menggunakan arsitektur GPU Navi 10 Lite. Dimana kecepatan GPU pada PS5 ini nantinya akan dapat mencapai maksimal 1 GHz bahkan bisa lebih. Kombinasi yang memang telah dirancang khusus dari Zen (CPU) serta Navi (GPU) pada PS5 ini bakal dipadankan dalam chip APU. Dimana chip ini nantinya akan memiliki lache L2 sebesar 4 MB serta cahe L3 yang memiliki ukuran 16 MB.

Dengan demikian, jika spesifikasi APU di atas benar adanya, dapat dipastikan performa dari PS5 ini akan lebih kuat jika dibandingkan dengan PS4 Pro. Bahkan ada lagi kabar yang menginformasikan bahwa PS5 ini nantinya juga telah mendukung game play dengan 240 FPS serta memiliki resolusi sebesar 4K.

Mengandalkan SSD Untuk Menyimpan Media Utama

Dengan hadirnya PS5 ini SSD menjadi peratian yang besar untuk memberikan hasil yang terbaik dari rancangan ini. Sony sendiri akan berusaha untuk memberikan teknologi penyimpanan yang baru serta canggih. Dimana teknologi penyimpanan yang ada pada PS5 ini nantinya tidak hanya menguntungkan pemain saja, namun juga dapat menguntungkan developer kedepannya.

SSD ini akan memberikan kecepatan baca yang cepat serta gesit dan dapat menghemat ruang penyimpanan. Dimana developer pun dapat menggunakan ruang penyimpanna yang ada untuk membangun dunia yang lebih detail dan lebih besar. Dengan kata lain, SSD ini akan dapat meminimalkan ukuran game atau patch yang nantinya dibuat.

Lebih Memanjakan Mata

Ray Tracing juga akan hadir untuk melengkapi PS5 ini. Dimana Ray Tracing pun hadir dengan fitur terbarunya yaitu next-gen. dengan adanya fitur baru ini dimungkinkan dapat membantu teknologi visual untuk rendering cahaya agar lebih realistis. Dimana sumber cahaya yang asli dapat menggantikan sumber cahaya yang imitasi. Dengan demikian maka dapat menerangi obyek atau dunia yang ada didalam game tersebut. Bahkan dengan adanya Ray Tracing ini, audio dari PS5 jug akan terangkat kualitasnya.

Dengan penggunaan audio 3D akan mengahsilkan efek yang nyata. Dimana teknologi ini pada umumnya digunakan untuk pembuatan film animasi buatan Hollywood maupun beberapa game PC yang sudah beredar di pasaran.

Optical Disk 100 GB Pada Game

PS5 ini juga dirancang dengan penggunaan optical disc 100 GB pada setiap gamenya. Hal ini tentunya sangat berbeda pada PS4 yang dimana hanya menggunakan ukuran 50 GB saja.  Dengan demikian maka dapat dipastikan bahwa PS5 ini nantinya akan akan memiliki ukuran game dua kali lipat dibandingkan dengan PS4. Pada PS5 ini memang masih menggunakan sistem disk. Hal ini dikarenakan Sony tetap mempertahan cara standar walaupun penjual digital yang ada di pasaran semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Didukung Dengan 4K Blu-Ray Disc

Pada konsol sebelumnya, yaitu PS4 Sony masih menggunakan Blu-Ray player regular dan belum beralih ke 4K Blu-Ray player. Bahkan pada PS4 Pro pun Sony juga masih melewatkan tidak menggunakan Blu-Ray player ini. Hal ini dapat dikatakan bahwa Sony telah kalah telak dibandingkan dengan Microsoft karena belum menggunakan Blu-Ray player ini. Namun dalam PS5 ini Sony telah memberikan yang terbaik buat para penikmat Playstation karena PS5 telah didukung dengan adanya 4K Blu-Ray disc.

Walaupun langkah Sony untuk menyaingi Microsoft ini sudah terlambat, tetapi setidaknya Sony telah mengambil langkah yang lebih baik lagi daripada tidak sama sekali.

Itulah tadi sekelumit mengenai Playstation 5 yang dapat kami ungkapkan. Untuk mengetahui lebih detailnya lagi maka anda pun harus menunggu sampai PS5 ini dirilis secara resmi. Memang PS5 ini akan hadir dengan kualitas serta fitur yang lebih canggih dari konsol sebelumnya. Hal ini sudah terbukti dari banyaknya fitur-fitur tambahan yang telah diungkapkan di atas. Jika memang anda termasuk gamer, tidak ada salahnya anda memiliki PS5 ini.

engan anda memiliki PS5 ini maka dapat dipastikan kepuasan anda dalam bermain game pun akan bertambah. Serta anda pun akan lebih menikmati lagi dan merasa nyaman ketika bermain game. Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk memiliki Playstation 5 ini? Persiapkan diri dan kantong kalian untuk segera mencobanya pertama kali.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.