Full Spesifikasi OPPO F15 dengan RAM 8GB Android Murah

Full Spesifikasi OPPO F15

GES-r.com – Ponsel OPPO F15 terbaru dirilis Januari, yang mengusung spesifikasi tinggi pada kelas menengah keatas dimana chipset menghadirkan Mediatek MT6771V Helio P70. Hampir sama dengan Reno 3 yang didalamnya dibekali dengan Mediatek type MT6885Z yang dirilis Desember tahun kemarin.

Dikabarkan ponsel yang satu ini akan dirilis di Indonesia pada bulan Februari. Entah akan hadir dengan tetap seri F atau dengan nama lain jika benar-benar dirilis, karena seri F dikatakan tidak akan diboyong lagi di Indonesia.

Pada bulan Januari tanggal 16 kemarin India menjadi negera yang mendapatkan rilis pertama ponsel tersebut. Dijual dengan angka 3 jutaan patut untuk kamu coba sebab ada ratusan hal menarik dengan memiliki ponsel ini.

Hal menarik selain RAM 8GB kamu bisa mendapatkan sebuah desain, kualitas kamera, baterai yang besar, dan masih banyak lagi yang kami ulas dibawah.

Desain dan Tampilan OPPO F15

Memakai AMOLED milik Samsung dengan tampilan layar 6.4 inci dan dimensi 160.2 x 73.3 x 7.9 mm, rasanya sangat nyaman digenggam ditangan. Ukuran 7.9mm menandakan bahwa ponsel ini sangat tipis bahkan jika dibandingkan dengan Realme X50 5G perbedaan mencapai 1 mm.

Bagian body dibungkus dengan plastic frame dengan varian warna hitam mengkilap dan putih unicorn. Memang cukup mengecewakan kenapa tidak dibungkus dengan aluminum frame agar terlihat lebih fantastik.

Pada bagian depan kamu akan mendapatkan layar yang dilindungi dengan Gorilla Glass generasi ke 5. Sehingga kontras terlihat nyaman dan warna nampak cerah tanpa melewati batas. Kecahayaan dapat mencapai 430 nits, yang memastikan layar dapat terbaca walaupun dibawah sinar matahari yang cerah.

Terdapat satu kamera selfie dengan takik (notch) tetesan air, pada bagian pinggir bezel sangat tipis sekali. Tampilan desain hampir mirip dengan OPPO A91. Ya, hampir semua varian OPPO memang memiliki desain tidak jauh berbeda dengan lainnya.

Pada bagian belakang terdapat 4 kamera yang disusun secara vertikal dengan LED Flash disebelahnya.

Pada bagian antarmuka kamu akan melihat sensor sidik jari untuk membuka dan mengunci ponsel. Desain under display memang sekarang banyak diterapkan untuk memudahkan para user mengunci dan membuka smartphonenya.

Tidak buruk untuk masalah tampilan dan desain karena model semacam ini juga digunakan oleh brand yang lainnya. Lantas bagaimana dengan mesin yang dipasang didalamnya?

Peforma SoC (Mesin/Chipset)

Menghadirkan SoC Mediatek MT6771V Helio P70 yang mencapai fabrikasi 12 nanometer, chipset tersebut layak sekali dipasang pada piranti OPPO F15. Ini sebanding dengan Qualcomm Snapdragon 660 yang merupakan chipset terpasang di Redmi Note 7.

Lebih dari yang kamu bayangkan Mediatek Helio P70 terdapat pula chip AI untuk mempercantik tampilan dan peforma dalam menggunakan aplikasi. Selain itu AI mampu membuat kamera menjadi lebih tajam, halus, dan nyata.

Untuk menunjang peforma bermain game GPU yang terpasang adalah type Mali-G72 MP3. Dalam urusan game seperti PUBG settingan grafis HD juga mampu dijalankan. Ini sudah mendapatkan review top dari Viktors Reality dan TechUtopia.

Meskipun GPU tersebut sudah cukup lama dikeluarkan tetapi nilai dari performa tidak boleh kamu remehkan.

Storage yang tersedia 128GB, tetapi tidak usah kawatir karena dibekali dengan card slot untuk menambah eksternal storage jika diperlukan.

Dalam kelengkapan software OPPO F15 menggunakan Android 9.0 (Pie) yang diusung pada ColorOS 6.1 besutan OPPO sendiri. Tidak buruk juga ketika melihat icon-icon yang ditampilan miliki OPPO, kesederhanaan panel juga mudah untuk dipahami oleh orang awan. Mantap dah pokoknya.

Kamera OPPO F15

Kamera Oppo F15

Kamera depan dengan lensa 16 megapixel yang mendukung focal length 26mm. Diberikan aperture f/2.0 sebagai bukaan lensa. Mampu menangkap hasil foto yang menajubkan, untuk kamera selfie 16MP.

Hasil dari bidikan nampak asli dan halus, meskipun ada beberapa efek yang manipulatif menyebabkan pencahayaan menjadi semakin buruk. Mode normal tanpa efek sangat bagus ketika digunakan foto dengan cahaya yang tinggi.

Dibagian belakang ada kamera type quad yang terdiri dari lensa utama sebesar 48MP, kamera kedua 8MP sebagai ultrawide (kamera ultra lebar), 2MP makro kamera, dan 2MP kamera sensor kedalaman. Mendukung fitur LED Flash, panaroma, dan HDR yang relatif sama dari kebanyakan fitur kamera ponsel saat ini.

Hasil dari bidikan kamera sangat tajam dan memukau. Kontras pencahayaan ketika membidik gambar pada cahaya yang terang, menghasilkan kenyataan warna yang sesungguhnya. Pengaturan efek tetap harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Performa Baterai OPPO F15

Terbungkus dengan baterai berkapasitas 4025 mAh yang tertanam (tidak bisa dilepas), dalam efesiensi penggunaan yang lama masih bisa dilakukan. Kamu bisa membuka sosmed, nonton Youtube, atau berman game tanpa takut harus kehabisan baterai.

Selain itu ponsel ini dibekali dengan fitur fast charging 20W yang mampu mengisi daya 50% hanya dengan waktu 30 menit.

Konektivitas

Mendukung koneksi internet 4G yang mampu mendapatkan kecepatan download hingga 300Mbps. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac untuk menunjang dalam kegiatan berinternet gratis dipublik seperti kafe dan spot wifi lainnya. Untuk Bluetooth menggunakan type 4.2 yang lebih cepat, lebih aman dari virus, dan memiliki bola lampu yang dapat terhubung ke internet.

Kekurangan dan Kelebihan OPPO F15

Kekurangan

  • Tidak ada NFC
  • Chipset masih kurang gahar
  • Baterai bisa dikatakan kurang karena tidak mencapai 5000mAh
  • Masih menggunakan android 9

Kelebihan

  • Tampilan dan desain oke
  • Kamera sangat bagus baik depan ataupun belakang
  • Menggunakan layar AMOLED

Kesimpulan

Ketika memutuskan untuk membeli smartphone dengan harga 3 jutaan rasanya kamu harus melirik terlebih dahulu Realme 5 Pro yang memiliki spek hampir sama hanya dengan harga 2 jutaan.

Tetapi hasil dari ulasan diatas memberikan kesan yang bagus pada OPPO F15.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.